Ribuan Pelanggan PDAM Tak Dapat Suplai Air Bersih

Kamis, 25 Agustus 2016, 22:42 WIB | News | Kota Padang
Ribuan Pelanggan PDAM Tak Dapat Suplai Air Bersih
Lokasi intake PDAM di Latung, Koto Tangah, Padang, porak-poranda dihantam air bah akibat hujan deras yang melanda Kota Padang pada 2 Agustus 2016 lalu. Hujan lebat kembali terjadi kemarin dan kembali menyebabkan kerusakan pada instalasi IPA Latung. Akibat

VALORAnews -- Hujan lebat yang mengguyur Kota Padang sejak Rabu hingga Kamis siang (24-25/8/2016), telah menyebabkan kerusakan pada intake PDAM Padang di sejumlah titik. Kerusakan itu memicu tak mengalirnya pasokan air bersih ke ribuan pelanggan di sejumlah kecamatan.

"Tujuh intake PDAM tertimbun di daerah Air Dingin yang memasok air ke IPA Latung. Begitu juga dengan intake di Guo (Kuranji), Banda Duku (Jawa Gadut) dan Ulu Gadut," ungkap Direktur Utama PDAM Padang, Muswendry Evytes, Kamis (25/8/2016), menjelaskan penyebab terganggunya pasokan air ke pelanggan perusahaan daerah itu di Kota Padang.

Dikatakan Muswendry, setiap kali hujan lebat mengguyur Kota Padang, selalu saja terjadi intake PDAM tertimbun material longsor. "Longsor ini disebabkan kawasan hutan di hulu sungai yang jadi lokasi intake PDAM telah rusak," tukasnya.

Untuk memperbaiki kondisi hutan yang telah rusak itu, Muswendry mengaku, telah mengajak setiap elemen masyarakat dan stake holder terkait lainnya, untuk melakukan penghijauan di hulu sungai yang ada di Kota Padang ini.

"Penghijauan di daerah sumber air ini, tentu dampaknya baru akan terasa beberapa tahun kedepan. Karena, harus menunggu pohon yang ditanam itu jadi besar dulu, sehingga bisa mencegah terjadinya longsor," urainya.

"Petugas kita di lapangan, terus melakukan perbaikan agar pasokan air bisa segera didistribusikan kepada pelanggan. Saat ini, pembersihan dari timbunan baru selesai dilakukan. Kami mohon maaf pada pelanggan atas ketidaknyamanan ini," tambahnya. (kyo)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: