Baju Kuruang Basiba Harus Dikembangkan

Kamis, 11 Agustus 2016, 11:10 WIB | Bisnis | Kab. Agam
Baju Kuruang Basiba Harus Dikembangkan
Ketua TP-PKK Agam Ny Vita Indra Catri foto bersama dengan peserta lomba baju kuruang kreasi. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Ketua Bundo Kanduang Kabupaten Agam Rosmiati mengatakan, baju kuruang basiba ciri khas pakaian wanita Minangkabau harus diperkenalkan dan dikembangkan di tengah-tengah masyarakat.

Hal itu dikatakan Ketua Bundo Kanduang Kabupaten Agam Rosmiati saat membuka festival baju kuruang basiba di Medan Nan Bapaneh Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung dalam rangka peringati HUT Perang Manggopoh ke 108, Rabu (10/8/2016).

Rosmiati merasa bangga dan mendukung pemerintah Nagari Manggopoh dalam menggelar festival baju kuruang basiba, apa lagi yang memperagakannya anak-anak perempuan remaja.

"Baju kuruang basiba itu pakaiannya longgar atau tidak ketat yang mana seharusnya dipakai bagi kaum wanita baik muda maupun tua," kata Rosmiati.

Baca juga: Kontingen Agam Borong Dua Trophy di HUT I Bundo Kanduang DKI Jakarta

Rosmiati berharap, festival baju kuruang basiba ini menjadi pendorong kaum wanita untuk berpakaian selayaknya wanita Minang kabau dan mereka menjadi enggan untuk memakai pakaian ketat yang seharusnya bukan pakaiannya.

"Mudah-mudahan kegiatan ini bisa berkelanjutan tahun ke tahun dan menjadi icon di Nagari Manggopoh", harapnya.

Ketua Panitia Megawati, mengatakan, peserta yang mengikuti festival ini sebanyak 26 orang yang tersebar di setiap jorong di Kecamatan Lubuk Basung.

"Selain memperingati HUT Perang Manggopoh ke 108, kegiatan ini juga dijadikan sebagai ajang memperkenalkan, menghayati dan melestarikan pakaian baju kuruang basiba", katanya.

Baca juga: Lomba Baju Kuruang Semarakkan HUT RI ke -77 di Kampuang Lapai

Megawati mengharapkan baju kuruang basiba jangan sampai hilang karena ini merupakan pakaian tradisional Minangkabau, walaupun banyaknya ragam pakaian yang beredar tapi jangan sampai meninggalkan pakaian ciri khas budaya kita sendiri.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: