TNI dan US Navy Bangun Jalur Evakuasi di Pasia Nan Tigo

Kamis, 28 Juli 2016, 10:00 WIB | News | Kota Padang
TNI dan US Navy Bangun Jalur Evakuasi di Pasia Nan Tigo
Personel US Navy dan Zipur 2 TNI, bahu-membahu mengerjakan jalan yang akan jadi jalur evakuasi tsunami bagi masyarakat Pasie nan Tigo, kecamatan Koto Tangah, Padang, Rabu (27/7/2016). (vebi rikyanto/valoranews)

VALORanews - Delapan personil Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) serta tujuh personil Zipur 2 TNI, bahu-membahu mengerjakan jalan yang akan jadi jalur evakuasi tsunami bagi masyarakat Pasie nan Tigo, kecamatan Koto Tangah, Padang, Rabu (27/7/2016).

"Ini merupakan pendahuluan dari program latihan bersama (join exercise) antara US Navy dengan TNI," ungkap Sersan Ron Showers yang merupakan project officer program join exercise. (Baca: US Navy Bantu Kerjakan Jalur Evakuasi, Lurah: Jarak Tempuh jadi Lebih Pendek)

Pembuatan jalur evakuasi tsunami di kelurahan Pasie Nan Tigo ini, merupakan satu dari tiga kegiatan pendahuluan. Kegiatan serupa juga bakal dilakukan di kelurahan Padang Sarai (kecamatan Koto Tangah) dan Sungai Pisang (kecamatan Bungus Teluk Kabung).

"Saat ini ada 45 orang prajurit yang ikut serta. Nanti di bulan Agustus, akan datang satu kapal induk US Navy yang akan terlibat latihan disini. Program latihan bersama ini, bukanlah latihan meliter tapi berbentuk kerjasama dalam rangka persiapan evakuasi dan mitigasi, seandainya terjadi bencana gempa maupun tsunami. Kapal induk nantinya juga akan dilengkapi dengan tenaga medis," papar Ron Showers.

Baca juga: Antisipasi Erupsi Gunung Marapi, BPBD Agam Pasang Tanda Jalur Evakuasi di 3 Lokasi

"Kita tidak berharap terjadi bencana, kita juga tidak bisa memperkirakan kapan bencana tersebut akan terjadi. Tapi, kita harus siap seandainya itu terjadi guna meminimalisasi kerugian maupun korban," tambah pria yang pernah ikut operasi di Iraq dan Afganistan ini. (vri)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: