Peluncuran TdS 2016, Irwan: Diharapkan Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Rabu, 27 Juli 2016, 09:41 WIB | Sport | Provinsi Sumatera Barat
Peluncuran TdS 2016, Irwan: Diharapkan Tingkatkan Ekonomi Masyarakat
Menteri Pariwisata, Arief Yahya bersama Irwan Prayitno (gubernur Sumbar), Rajasapta Oktohari (Ketua PB ISSI) dan kepala daerah yang daerahnya dilaluiiven Tour de Singkarak (TdS) 2016, foto bersama usai peluncuran di Gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan, penyelenggaraan Tour de Singkarak (TdS) 2016, memberikan kontribusi yang besar bagi percepatan pertumbuhan dan pengembangan wilayah dan pengembangan kepariwisataan di Sumbar serta kabupaten/ kota yang ada di dalamnya.

"Selama 8 tahun terakhir ini, pembangunan infrastruktur, sarana prasarana, usaha dan fasilitas pariwisata di berbagai daerah di Sumbar mengalami peningkatan pesat. Demikian juga peningkatan arus kunjungan wisatawan yang tahun 2015 lalu sebanyak 6,9 juta wisnus dan 78.274 wisman, sedangkan target tahun 2016 ini meningkat 7,4 juta wisnus dan 85 ribu wisman," kata Irwan Prayitno, saat launching TdS 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Senin (25/7/2016) malam.

Even TdS 2016 masuk dalam kalender balap sepeda tahunan dunia Union Cycliste Internationale (UCI) atau UCI Road Calendar 2016. Even tahunan internasional sport tourism yang digelar oleh Kemenpar bersama Pemerintah Provinsi Sumbar dan 18 Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Sumbar, PB ISSI serta promotor event pada penyelenggaraan tahun ini, akan meningkatkan total hadiah menjadi Rp2,5 miliar, sedangkan tahun lalu sebesar Rp 2,4 miliar.

Pelaksanaan TdS 2016 akan mengambil start dari Solok dan berakhir di Kota Padang (finish). Sebanyak 23 tim peserta TdS 2016 akan adu kekuatan dengan menjelajahi 8 stage sepanjang 1102,7 km dan menyusuri alam Minangkabau yang memiliki beraneka ragam obyek wisata alam (nature) dan budaya (culture), dan buatan (man made) sebagai daya tarik dan keunggulan destinasi pariwisata Sumbar. (Baca: Arief Yahya Luncurkan TdS 2016)

Baca juga: Tarhib Ramadhan Bersama Forum Silaturahim Majelis Taklim, Nevi: Jaga Keikhlasan Siang dan Malam

"Alhamdulillah, secara resmi kita telah meluncurkan sebuah event internasional kebanggaan masyarakat Sumatera Barat yaitu Tour de Singkarak. Even yang berlangsung dari tanggal 6-14 Agustus 2016 ini diharapkan akan menggeliatkan industri pariwisata kita," harap Irwan. (Baca: Ini Pantun Irwan Prayitno di Peluncuran TdS 2016)

Dikatakan, iven ini adalah ajang promosi wisata yang sangat berarti bagi Sumbar. Dengan TdS, diharapkan kunjungan wisatawan terus bertambah dan infrastruktur seperti hotel, serta mobilisasi pesawat di airport juga bertambah. "Ajang balap sepeda internasional ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat dan mewujudkan target 12 juta kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia," harapnya. (rls)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: