Danau Tarusan Kamang Mengering, Warga Panen Ikan

Senin, 25 Juli 2016, 14:55 WIB | Wisata | Kab. Agam
Danau Tarusan Kamang Mengering, Warga Panen Ikan
Air Danau Tarusan Kamang Agam yang mulai mengering dimanfaatkan warga untuk mencari ikan. (hatta rizal/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Danau Tarusan Kamang mulai mengalami fase penyusutan air. Sejumlah warga sekitar memanfaatkan momen tersebut untuk menangkap beraneka jenis ikan yang hidup di Danau cantik yang berlokasi di kaki Bukit Barisan tersebut.

Salah seorang warga setempat, Ayah Malano, menuturkan, dalam sebulan terakhir air dari Danau Tarusan tersebut mengalami penyusutan drastis sehingga menyebabkan danau yang berlokasi di Kenagarian Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek,Agam itu mengering secara drastis.

"Semakin hari airnya terus berkurang. Sekarang, sudah bisa kita berjalan ke tengah danau,'' lanjut kakek berusia 68 tahun ini.

Pantauan Valoranews di lapangan (25/07/2016), terlihat danau tersebut kering di hampir semua titik. Namun, di bagian ujung masih terlihat di genangi air. Di bagian yang tergenang air, dimanfaatkan warga untuk menangkap ikan.

Baca juga: Ayo Saksikan Lomba Unik Meriahkan HUT RI ke-71 di Embung Tirta Sari Kamang

Secara beramai-ramai, warga menangkapi ikan yang terperangkap dengan memakai jala atau dalam bahasa lokal disebut " Pasok".

(baca: Objek Wisata Danau Tarusan Kamang Dikembangkan)

Warga lainnya, Mak Itam, mengatakan prosesi menangkap ikan ini sudah seminggu terakhir dilakukan. " Puncaknya terjadi Sabtu dan Minggu. Dimulai pagi selepas Shubuh hingga berakhir sekitar jam 10,'' katanya.

Saat mulai mengering, warga sekitar kemudian membuat petak-petak serupa kolam di dalam danau untuk membatasi gerak ikan sekaligus penanda jika kolam tersebut sudah ada yang memiliki.

Baca juga: Rencana Pembenahan Danau Tarusan Kamang Belum Final

"Ketentuan ini sudah berlangsung sejak silam. Tiap petak kolam itu sudah ditetapkan oleh leluhur kami siapa yang berhak memiliki.'' terang Mak Itam.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: