Terowongan Balingka Terganjal Pembebasan Lahan

Senin, 11 Juli 2016, 20:48 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews---Rencana pembangunan terowongan Balingka di jalur Padang-Bukittinggi menjadi sorotan dalam acara Musyawarah Besar (Mubes) Anak Nagari Balingka dan Muktamar Ikatan Keluarga Nagari Balingka se Indonesia di MAS Taman Raya Balingka.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno berharap dukungan masyarakat terhadap pembangunan terowongan yang akan menjadi solusi kemacetan di jalur tersebut. Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Trianda Farhan Satria, Tokoh Rantau Balingka Karny Ilyas tokoh masyarakat, ulama, pendidikan dan pengusaha asal Balingka.

"Kita juga menyadari setiap pembangunan infrastruktur itu akan membawa pada kemajuan, sejahtera, kemakmuran. Masalah tanah agar segera kita siapkan, pembebasan tanah. Pembangunan terowongan Balingka ini yang pertama di Indonesia, sudah ada blue print, dana sudah disiapkan APBN," kata Irwan dikutip dari siaran pers Humas Pemprov Sumbar, Senin (11/7/2016).

"Namun karena pembebasan belum dapat dituntas sementara dananya kembali ke pusat. Setelah terowongan Balingka siap juga akan ditindak lanjuti dengan pembangunan Jembatan Ngarai Sianok," lanjutnya.

Baca juga: Keluarga Rufdan Serahkan Tanahnya untuk Kelancaran Jalan Alai-Bypass

Karny Ilyas juga berharap, pemerintah dan masyarakat bisa merealisasikan pembangunan terowongan tersebut. Selain mengurai kemacetan, terowongan tersebut juga bisa berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Dikatakannya, sejarah Balika dan Sumatera Barat telah melahirkan banyak tokoh terbaik bangsa.

"Dalam seratus tahun turun naik pasang surut. Balingka Sumbar separoh tokoh bangsa lahir dari putra putri Sumatera Barat, kita sebut Bung Hatta, M Yamin, Agus Salim, Tan Malaka. Tan Malaka orang kedua pahlawan revolusi dunia seusai perang kedua setelah Yoserizal Filipina," ujarnya.

Namun sekarang, lanjutnya, dari hari ke hari orang Balingka semakin miskin bak karakok tim buah di batu, mati sagan, hiduik tak mau . "Kelihatannya pembangunan Balingka jo Sumatera Barat jalan di tepat. Ini keprihatinan, mambangkik batang tarandam, butuh doa dan usaha serta kerja keras setiap masyarakat minang agar tercapai keinginan itu," ujarnya. (vri)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024