Pasbar Divisitasi KI, Pahrein: Bupati Support Penuh Keterbukaan Informasi

Selasa, 28 Juni 2016, 13:39 WIB | Wisata | Kab. Pasaman Barat
Pasbar Divisitasi KI, Pahrein: Bupati Support Penuh Keterbukaan Informasi
Ketua Tim Pemeringkatan Badan Publik KI Sumbar, Sondri, saat mencocokan data dengan fakta lapangan, pada visitasi yang dilakukan ke Pemkab Pasbar, Selas (28/6/2016). (istimewa)

VALORAnews - Komisi Informasi (KI) Sumbar, terus mengkebut penilaian tahap tiga pemeringkatan badan publik 2016, kategori pemerintah kabupaten dan kota. Saat tim visitasi KI Sumbar ke Pemkab Pasaman Barat (Pasbar), Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama sekaligus Kepala Bagian Humas Pemkab Pasbar Pahrein, tidak dapat menyembunyikan kebahagiannya.

"Masuk penilaian visitasi oleh KI, ini bukti buah manis kerja tim dan dukungan pimpinan kami, Pak Syahiran terkait pengelolaan keterbukaan informasi publik di badan publik Pemkab Pasbar," ujar Pahrein saat menyabut kehadiran tim visitasi KI Sumbar, Selasa (28/6/2016) di kantor bupati Pasbar.

Jajaran PPID Pasbar, kata Pahrein, pantas bersyukur karena divisitasi. "Pemeringkatan badan publik 2015, Pasbar belum masuk badan publik yang divisitasi, itu jadi cambuk dan bertekad tahun ini harus jadi bagian yang divisitasi," ujar Pahrein.

Ketua Panitia Pemeringkatan Badan Publik, Sondri mengatakan, untuk badan publik divisitasi sampai cuti lebaran, tim fokus pada badan publik Pemkab dan Pemko.

Baca juga: Bawaslu Pasbar Tetapkan 34 Peserta Lolos Seleksi Tertulis Calon Panwascam Pilkada 2024

"Dua tim turun melakukan visitasi kepada badan publik sasaran, dan komisioner KI Sumbar dibagi ke dua tim itu melakukan pengawalan penilaian," ujar Sondri.

Menurut Sondri, penilaian tahapan visitasi tidak sekadar menilai dokumen yang ada di PPID Utama, kalau di Pemkab ataupun Pemko.

"Semua tergantung tim visitasi. Bisa saja saat visit ke PPID, dokumen yang mau diuji ada di Bagian Kepegawaian dan tim akan bergeser ke bagian kepegawaian, bisa juga ke bagian lain dan waktu kedatangan tim tetap dirahasiakan," jelas Sondri

Dua tim diturunkan KI Sumbar melakukan visitasi, yakni tim pertama, Syamsu Rizal, Sondri dan Adrian Tuswandi (komisioner) tiga staf Yuhandra,Tika, Weli Djunaidi. Tim kedua terdiri, Arfitriati dan Yurnaldi

Baca juga: Bupati dan Wabup Lepas 331 JCH Pasbar, Hamsuardi: Doakan Daerah Kita Terhindar dari Musibah

"Sampai hari ini, sudah tujuh badan publik kategori kabupaten dan kota divisitasi. Setelah libur lebaran, visitasi dilakukan ke badan publik kategori lain seperti BUMN/BUMD, Nagari, Instansi Vertikal dan SKPD di jajaran Pemprov Sumbar," ujarnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: