Komisi I DPR RI Tinjau Program MPLIK dan PLIK ke Padang

Selasa, 31 Mei 2016, 23:19 WIB | News | Kota Padang
Komisi I DPR RI Tinjau Program MPLIK dan PLIK ke Padang
Wako Padang, Mahyeldi memaparkan tentang program MPLIK dan PLIK yang dikelola PT Lintas Arta bersama Kementerian Kominfo, saat dikunjungi Komisi I DPR RI, Selasa (31/5/2016). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews -- Komisi I DPR RI meninjau program Universal Service Obligation (USO), selaku bagian dari kewajiban pemerintah dalam memberikan pelayanan universal di bidang telekomunikasi dan informatika pada publik atau masyarakat.

Program pelayanan USO ini, diawali dengan layanan dasar voice hingga layanan data internet berupa Desa Dering, Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK) dan Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK).

"Kewajiban pelayanan itu, untuk mengurangi kesenjangan digital di daerah khususnya daerah pedesaan yang masih tertinggal dan terluar secara ekonomi, sulit dilakukan oleh penyelenggara telekomunikasi komersial sejauh ini. Oleh karena itu kita ingin melihat di Sumbar khususnya Kota Padang terkait perkembangannya dan evaluasi ke depan," terang rombongan Komisi I yang dipimpin Asril Hamzah Tanjung.

Rombongan ini disambut Walikota Padang, H. Mahyeldi beserta jajaran di ruang kerjanya di Balaikota Padang. Mahyeldi mengapresiasi kunjungan kerja Komisi I ini terkait MPLIK dan PLIK yang selama ini dikelola PT Lintas Arta bersama Kementerian Kominfo.

Baca juga: Survei Voxpol Pilgub Sumbar 2024, Elektabilitas Mahyeldi-Vasko 70,3 Persen, Epyardi-Ekos 16,8 Persen

"Dalam diskusi tadi banyak hal yang ditanyakan tentang manfaat dari program dan layanan tersebut sejauh ini. Jelas banyak hal yang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kota Padang khususnya. Seperti peningkatan pemahaman IT, edukasi bagi masyarakat dan membantu daerah-daerah yang spotnya bermasalah," pungkas Mahyeldi.

Mahyeldi menjelaskan, program ini sangat membantu apalagi di daerah Padang dan sekitarnya sering mengalami pemadaman listrik.

"jika listrik padam, MPLIK ini bisa dioperasikan dengan menggunakan genset sembari mengunjungi daerah-daerah yang spotnya bermasalah. Untuk itu kita berharap, Kemenkominfo melalui Komisi I DPR RI, agar program ini bisa dilanjutkan untuk masa yang akan datang," harap Mahyeldi.

"Program ini sangat membantu dalam mencerdaskan warga masyarakat. Pemko Padang sangat mendukung dalam rangka melanjutkan program ini ke depan," ujarnya. (vri)

Baca juga: Gubernur Lantik Hani Syopiar Rustam jadi Pjs Wali Kota Bukittinggi, Bertugas 2 Bulan

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024