Sister City dengan Padang, Pemprov Ba Ria Vung Tau Datangi Padang

Senin, 30 Mei 2016, 15:10 WIB | News | Kota Padang
Sister City dengan Padang, Pemprov Ba Ria Vung Tau Datangi Padang
Wako Padang, Mahyeldi menyalami Wakil Gubernur Provinsi Ba Ria Vung Tau, Mr Le Tuan Quoc, usai penandatanganan MoU sister city, Senin (30/5/2016) di Padang. (humas)

VALORAnews - Pemerintah Provinsi Ba Ria Vung Tau, Vietnam, berkunjung ke Kota Padang, 29 Mei hingga 1 Juni 2016. Kunjungan selama empat hari itu, dalam rangka penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) Sister City dengan Kota Padang.

Dalam pertemuan di ruang Abu Bakar Jaar, Balaikota Padang, Senin (30/5/2016), Walikota dan Wakil Gubernur Ba Ria Vung Tau, saling melakukan presentasi di depan undangan yang hadir. Keduanya memaparkan kondisi dan keunggulan daerah masing-masing.

Walikota Padang, H Mahyeldi Dt Marajo dalam paparannya menyebut, sejumlah rencana dan lingkup kerjasama Sister City kedua daerah. Mahyeldi mengatakan, sektor yang akan dikerjasamakan yakni di bidang pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, pendidikan, pariwisata budaya dan sektor lain yang berpotensi.

Di sisi pertanian, saat ini di Kota Padang terdapat 6.474 Ha sawah di Padang dengan jumlah petani sebanyak 5,76 persen dari jumlah keseluruhan warga Kota Padang. Kerjasama di bidang pertanian yang akan diusulkan dalam Sister City ini yakni magang master training (petugas dan petani), tenaga pembibitan holtikultura, penerapan budaya holtikultura, serta penerapan teknologi pertanian perkotaan dan lahan terbatas.

Baca juga: Andree Algamar Dilantik jadi Pj Walikota Padang, Mahyeldi: Selesaikan Permasalahan Masyarakat

Tidak itu saja, kerjasama di bidang perikanan juga diusulkan. Menurut dia, nantinya diharapkan akan terjadi tukar pengalaman pengetahuan usaha bulanan, sharing teknologi packaging perikanan, teknologi pengolahan dan pengawetan hasil perikanan. "Termasuk manajemen pengemasan aktifitas kelautan dan perikanan serta sharing teknologi pembibitan teripang," ungkap Mahyeldi.

Begitu juga di sektor pendidikan. Sektor ini memang paling menonjol untuk dikerjasamakan. Menurut Walikota, terdapat empat rencana yang akan dikerjasamakan. Yakni studi banding guru antar kedua daerah. Kemudian saling tukar pengetahuan sistim pengajaran bagi SD dan SMP, serta sharing pengetahuan program Dinas Pendidikan terkait SDM. "Termasuk pertukaran pelajar SMK bidang perhotelan dan teknik," terang Mahyeldi.

Mahyeldi berharap, Sister City ini akan saling menguatkan kedua daerah. Sehingga terjalin kemajuan dan menyejahterakan.

Sementara, Wakil Gubernur Provinsi Ba Ria Vung Tau, Mr Le Tuan Quoc mengatakan, Vietnam dengan Padang hampir memiliki kesamaan. "Karakter kita sangat mirip, termasuk makanan yang punya kesamaan," ungkapnya.

Baca juga: Bencana Lahar Dingin Sumbar, BSI Bantu Rp200 Juta, Apical Grup Distribusikan 6 Ton Minyak Goreng

Dikatakan Mr Le Tuan Quoc, di daerahnya terdapat pelabuhan yang cukup besar dan memadai. Pelabuhan ini akan dapat mengakomodir pertukaran barang antar kedua daerah. "Ini tentunya akan dapat dimanfaatkan dan cocok," terangnya.

Halaman:

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: