Ishak Manti: Produksi Kakao Agam Menurun

Rabu, 25 Mei 2016, 10:14 WIB | Olahraga | Kab. Agam
Ishak Manti: Produksi Kakao Agam Menurun
Ketua Forum Petani Kakao Sumbar Ishak Manti memberi arahan kepada petani kakao Agam, di Aula Dispertahornak Agam, Selasa (24/5/2016) (amc)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews---Ketua Forum Petani Kakao Sumatera Barat Ishak Manti mengatakan forum petani berfungsi sebagai wadah yang menyatukan antara petani dengan pedagang kakao. Baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

"Hal itu agar harga kakao mampun bersaing di pasaran sesuai dengan kualitas kakao itu sendiri," kata Ishak saat memberi arahan kepada anggota forum, di Aula Dispertahornak Agam, Selasa (24/5/2016).

Menurut Ishak, dulu di Agam kakao sangat terkenal dengan produsen terbesar di Sumbar. Namun saat ini Agam semakin menurun produksi kakaonya dibandingkan dengan daerah lain yang ada di Sumbar.

Untuk itu, dengan hadirnya forum ini di Agam, maka diharapkan produksi kakao Agam kembali bangkit, sehingga mampu kembali menjadi yang terdepan dan terbaik di dalam memproduksi kakao di Sumbar.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Agam Yulnasri, mengharapkan dengan adanya forum ini, untuk tiga tahun ke depan Agam kembali menjadi nomor satu sebagai penghasil kakao di Sumbar.

"Forum ini sebagai wadah bagi petani kakao di Agam, dengan keberadaan forum petani bisa melakukan pemeliharaan kakao sesuai dengan standar yang berlaku di dalam perkebunan," ujar Yulnasri.

Yulnasri mengungkapkan bagaimana petani kakao kembali sejahtera. Saat ini berbagai investor sudah mulai melirik ke Indonesia. Untuk itu dipastikan komoditi kakao untuk masa akan datang lebih meningkat lagi. (rel)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Fanny Komala Sari
Sumber:

Bagikan: