Gelar Pasukan Pengamanan Peresmian KWBT Mandeh Segera Digelar

Selasa, 12 Mei 2015, 13:28 WIB | Wisata | Kab. Pesisir Selatan
Gelar Pasukan Pengamanan Peresmian KWBT Mandeh Segera Digelar
Kapolres Pessel, AKBP Deni Yuhasdi tengah memeriksa persiapan pengamanan kedatangan presiden ke KWBT Mandeh. (Humas Polres Pessel)

VALORAnews - Pengamanan selama kunjungan Presiden Joko Widodo ke Pessel untuk meresmikan Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh pada 16 Mei 2015, untuk ring satu akan dilakukan Paspamres. Termasuk personil TNI dan Polri dari Polda Sumbar, Polres Pesisir Selatan serta instansi terkait lainnya.

"Jajaran Polres Pesisir Selatan akan mengerahkan kekuatan penuh, dengan di-backup dari Polda Sumbar dan TNI. Kita akan gelar pasukan gabungan untuk mempersiapkan kedatangan presiden ke kawasan Mandeh," terang Kapolres Pesisir Selatan, AKBP Deni Yuhasdi, Selasa (12/5) siang.

KWBT Mandeh merupakan kawasan wisata yang masuk dalam Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Nasional (Rippnas) 2004 lalu. Keindahan kawasan yang setara dengan Bunaken dan Raja Ampat itu, sudah dikenal hingga mancanegara.

Kawasan Mandeh seluas 8.000 hektare terdiri dari deretan pulau-pulau dengan laut yang tenang dan biru. Beberapa pulau yakni Pulau Taraju, Pulau Setan Kecil, Pulau Sironjong Besar dan Kecil, dan Pulau Cubadak yang paling terkenal, serta pulau-pulau kecil lainnya.

Baca juga: Stok Beras di Gudang Bulog Sumbar Surplus, Presiden Jokowi Ingatkan Ancaman Kemarau Panjang

Keindahan bawah laut Mandeh juga didukung dengan keberadaan bangkai kapal Belanda, Boelongan, yang tenggelam di masa penjajahan. Daerah itu juga didukung 70 ha terumbu karang yang masih sangat terawat, 4 ha hutan mangrove, dan ratusan biota laut. (lek)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: