UKS/M Masih Sekadar Formalitas

Rabu, 04 Mei 2016, 16:39 WIB | Kabar Daerah | Kota Padang
UKS/M Masih Sekadar Formalitas
UKS/M Masih Sekadar Formalitas

VALORAnews---Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) harus terencana, terarah dan terpadu. Sebab, UKS/M meruapak bagian penting dalam hal kesehatan anak didik di sekolah.

Hal itu dikatakan Asisten II Pemko Padang bidang Ekbang Kesra Eviyet Nazmar saat Rapat Kerja Daerah (Rakerda) UKS/M Kota Padang tahun 2016. Kegiatan yang dilangsungkan di Aula Gedung Pramuka, Selasa (3/5/2016).

Eyviet mengatakan, kesehatan begitu penting dalam kehidupan manusia khususnya seperti dalam hal ini pada diri anak didik atau warga di lingkungan sekolah. Karena esehatan juga mempengaruhi prestasi, pemerintah telah mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri.

"Kita ketahui, UKS/M bertujuan untuk meningkatkan kesehatan bagi para murid dan warga lingkungan sekolah. Namun kenyataan yang kita lihat saat ini, pelaksanaannya masih belum optimal. Karena dari beberapa sekolah ada yang UKS/M berjalan dengan baik dan ada juga yang tidak melaksanakannnya atau hanya sekedar formalitas saja," ujar Eyviet.

Terkait itu Eyviet menekankan, persoalan tersebut menjadi perhatian bersama ke depan. Ini mengingat, UKS/M merupakan bagian penting dalam tatanan pendidikan yang difokuskan untuk peningkatan kesehatan anak didik di sekolah.

"Pada 2015 lalu, Kota Padang berhasil mendapat penghargaan di bidang UKS dengan meraih peringkat pertama di tingkat TK dan SLTA pada lomba sekolah sehat tingkat Sumatera Barat. Sehingga sekolah tersebut maju ke tingkat nasional Mei 2016 ini. Oleh karena itu tentu kita berharap, sekolah ini bisa mewakili Kota Padang untuk meraih peringkat nasional," harap Eyviet.

Kemudian dia menambahkan, dalam kegiatan Rakerda UKS/M Kota Padang 2016, diharapkan akan memacu sekolah-sekolah lainnya agar bisa meningkatkan UKS/M-nya. Sehingga itu kepada tim pelaksana UKS/M, harus menunjukkan kreatifitas dan kerja keras, demi terciptanya murid yang sehat, sekolah berkualitas dan prestasi yang semakin meningkat.

"Untuk itu kepada Tim Pembina UKS/M baik di tingkat kecamatan dan tingkat kota, memiliki peran penting dalam pelaksanaan UKS/M ini. Juga kepada seluruh SKPD terkait yang tergabung dalam SKB 4 Menteri, harus berperan aktif sesuai tugas masing-masing. Harapan kita, pembinaan dan pengembangan UKS yang sasarannya meliputi TK/RA, SD/MI, SMP/MTS dan SLTA/MAN ini semuanya dapat berjalan optimal," harapnya.

Penulis:
Editor: Fanny Komala Sari
Sumber:

Bagikan: