Lomba PKK-KB Kesehatan, Nagari Koto Tangah Diverifikasi Tim Pusat

Rabu, 04 Mei 2016, 10:14 WIB | Wisata | Kab. Agam
Lomba PKK-KB Kesehatan, Nagari Koto Tangah Diverifikasi Tim Pusat
Ketua TP-PKK Agam, Vita Indra Catri menyuguhkan minuman kopi kawa pada tim penilai dari pusat, Selasa (3/5/2016). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, masuk nominasi enam besar mewakili Provinsi Sumbar ke tingkat nasional, pada lomba PKK-KB Kesehatan 2016. Nagari itu dinilai oleh tim pusat pada Selasa (3/5/2016).

Tim penilai ini dipimpin Bambang Dwi Admoko dari BKKBN Pusat, bersama beberapa orang tim penilai dari Kementerian Kesehatan dan PKK Pusat. Kedatangan tim penilai di nagari bebas asap rokok tersebut, disambut Bupati Agam, Indra Catri didampingi Ny Vita Indra Catri (Ketua TP-PKK), beberapa anggota DPRD Agam, Camat Tilatang Kamang, Kurniawan, Wali Nagari Koto Tangah, Mashuri, kepala SKPD terkait, ninik mamak dan alim ulama serta ratusan masyarakat.

Diharapkan Indra Catri, kegiatan ini akan makin meningkatkan motivasi dan pelaksanaan PKK-KB Kesehatan di Koto Tangah dan Kabupaten Agam pada umumnya. Pasalnya, dengan keberhasilan pelaksanaan program PKK-KB Kesehatan ini, maka tentu sangat mendukung terhadap berbagai program pembangunan di Kabupaten Agam.

"Kita juga bersinergi dan berupaya semaksimal mungkin, agar pelaksanaan program Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan bersama dengan Posyandu, PHBS serta Lingkungan Bersih dan Sehat di Luhak Agam, dapat berjalan dengan baik serta mampu memberikan hasil sebagaimana yang kita harapkan," katanya.

Baca juga: MTQ IV Nagari Koto Tangah Lombakan Kategori Lansia, Ini Kata Bupati Agam

Indra juga berharap, seluruh kader baik PKK maupun Posyandu, tetap bersinergi menjadi ujung tombak dalam pelaksana program pemerintah sekaligus mampu mengayomi masyarakat.

Sementara, Vita Indra Catri mengatakan, berhasilnya Nagari Koto Tangah mewakili Provinsi Sumbar ke tingkat nasional, berkat dukungan dan partisipasi masyarakat beserta tokoh masyarakat dan lembaga nagari, kecamatan hingga kabupaten yang bersatu padu dalam mendukung dan menyukseskan pelaksanaan kegiatan ini.

"Bagi masyarakat Koto Tangah, kegiatan ini bukan seremoni atau terlaksana disaat lomba saja. Namun, budaya hidup bersih, sehat dan mandiri telah jadi kultur bagi masyarakat Koto Tangah sejak turun temurun. Apalagi disini bapak-bapaknya tidak ada yang merokok," jelas Ny Vita.

Dia menambahkan, penilaian lomba Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan sendiri, dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan nasional. "Semoga Nagari Koto Tangah ini bisa mendapatkan juara dan jadi nagari percontohan bagi seluruh nagari yang ada di Provinsi Sumbar," harapnya.

Baca juga: Mahyeldi Buka Musyawarah Pembentukan Forum Anak Nagari Koto Tangah

Ketua Tim Penilai Lomba PKK-KB Kesehatan, Bambang Dwi Admoko mengatakan, pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan 2016, akan dilakukan penilaian terhadap empat jenis kegiatan. Yakni, pelaksanaan terbaik kegiatan kesatuan gerak PKK-KB Kesehatan, pelaksana terbaik posyandu, pelaksana terbaik PHBS di rumah tangga dan pelaksana terbaik lingkungan bersih dan sehat.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: