Gubernur: Satpol PP Jangan Arogan

Rabu, 27 April 2016, 08:38 WIB | News | Kota Padang
Gubernur: Satpol PP Jangan Arogan
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah dan Kasat Pol PP Firdaus Ilyas melakukan salam kompak usai peringatan HUT Pol PP ke 66 di Payakumbuh, Selasa (26/4/2016) (humas)

VALORAnews---Gubernur Sumbar Irwan Prayitno berharap Satpol PP tidak bertindak arogan saat menjalankan tugas sebagai penegak perda. Satpol PP diminta tetap mengutaman sikap persuasif dan humanis dalam menjalankan tugas.

Hal itu diungkap Irwan saat menjadi inspektur Upacara di Hari Ulang Tahun Satpol PP ke 66 di Payakumbuh, Selasa (26/4/2016). "Terlebih pasukan penegak peraturan daerah ini senantiasa berhadapan dengan masyarakat sehingga rentan terjadi gesekan. "Jangan arogan. Utamakan pendekatan persuasif dan humanis agar tidak timbul gesekan dengan masyakat," kata Irwan.

Pada peringatan HUT Satpol dan Linmas tahun 2016 ini, Gubernur Sumatera Barat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Kota yang telah berhasil melaksanakan penegakan Perda dan penertiban tanpa kekerasan. Apresiasi berupa piagam penghargaan Penegakan Perda dan Penertiban Tanpa Kekerasan ini dinisbatkan kepada Pemerintah Kota Padang yang diterima Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah didampingi Kasat Pol PP Firdaus Ilyas.

Mahyeldi mengungkapkan, dalam penertiban beberapa kawasan seperti Pasar Raya, penataan Pantai Padang dan penertiban PKL di jalan-jalan protokol di Kota Padang tidak terlepas dari peran Satpol PP yang melaksanakan tugas dengan menggunakan pendekatan persuasif dan humanis.

Baca juga: Nongkrong Hingga Larut Malam dengan Teman Pria di Taplau dan Pedistrian Khatib, 7 Perempuan Diamankan

"Satpol Kota Padang memang selalu diberikan pembekalan agar melaksanakan tugas dilakukan dengan pendekatan yang baik. Terlebih di kawasan wisata, mereka harus lebih ramah dan mampu memberikan pelayanan yang baik disamping dengan tegas menegakkan peraturan," ujarnya.

Wako Mahyeldi juga mengamini yang disampaikan Gubernur Irwan yakni pentingnya pengamanan dan menciptakan ketertiban umum di destinasi wisata. "Ini bagian tugas penting dari Satpol PP, terutama di Kota Padang yang tengah menata obyek-obyek wisata," pungkasnya. (vri)

Penulis:
Editor: Fanny Komala Sari
Sumber:

Bagikan: