Masyarakat Kuranji Sepakati Aturan Pesta Perkawinan

Kamis, 21 April 2016, 16:13 WIB | News | Kota Padang
Masyarakat Kuranji Sepakati Aturan Pesta Perkawinan
Wawako Padang Emzalmi bersama Camat Kuranji Rachmadeny Dewi Putri dan tokoh masyarkat Kuranji menyepakati sejumlah poin tentang aturan penyelenggaraan pesta perkawinan. (humas)

VALORAnews---Masyarakat Kuranji membukukan kesepakatan tentang penyelenggaraan pesta perkawinan. Poin kesepakatan tersebut di antaranya, tidak akan menutup jalan umum dan tidak menampilkan acara hiburan yang seronok dan vulgar.

Kesepakatan tersebut ditandatangani bersama saat pertemuan camat bersama tokoh masyarakat Kuranji, Kamis (21/4/2016). Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM Kecamatan Kuranji Irwan Basir menegaskan, warga agar mengindahkan aturan-aturan yang dicantumkan dalam kesepakatan.

"Diantaranya, tidak menutup jalan umum untuk melaksanakan pesta, tidak mengadakan hiburan atau organ tunggal sampai lewat tengah malam, tidak dibenarkan memakai penyanyi berpenampilan berpakaian minim dan berperilaku tidak sesuai norma serta mengantisipasi gerakan yang menjurus LGBT (lesbian, gay, biseksual dan transgender)," ujar Irwan Basir.

"Aturan ini dengan konsisten akan dilaksanakan, mulai dari peneguran sampai penindakan hukum oleh aparat kepolisian bagi warga yang tidak mengindahkan," tambahnya.

Baca juga: Pemilu 2024, Dapil Padang II jadi Kuburan Petahana, Ini Partai dan Caleg yang Berhasil Raih Kursi

Camat Kuranji Rachmadeny Dewi Putri menyebutkan, kesepakatan para tokoh ini sudah dideklarasikan pada beberapa waktu lalu, tepatnya saat pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Kuranji, Akhir Maret 2016 lalu. "Hari ini kita menguatkan kembali kesepakatan tersebut dengan melakukan koordinasi sekaligus sosialisasi," ujarnya.

Camat Rachmadeny berharap, masyarakat Kuranji agar mengindahkan semua kesepakatan yang merupakan maklumat dari seluruh tokoh masyarakat, mulai dari totkoh adat, tokoh agama, aparatur pemerintah dan kepolisian serta pemuda.

"Kita harapkan masyarakat Kuranji semakin menyadari pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban serta meneggakkan nilai-nilai budaya lokal," pungkasnya. (vri)

Penulis:
Editor: Fanny Komala Sari
Sumber:

Bagikan: