Kartika 1-82 Hasilkan 7 Ton Gabah Kering per Hektar

Kamis, 07 Mei 2015, 18:54 WIB | Olahraga | Kab. Pesisir Selatan
Kartika 1-82 Hasilkan 7 Ton Gabah Kering per Hektar
Dandim 0311 Pesisir Selatan, Letkol (Inf) Joko Maryanto melakukan panen perdana padi tanam sebatang (PTS) sistem jajar legowo di areal demplot Kampung Kapecong, Kenagarian Kapelgam, Kecamatan Bayang. Panen di areal seluas 1 hektar dengan mengunakan bibit

VALORAnews -- Tujuh ton gabah kering, berhasil dipanen dengan pola padi tanam sebatang (PTS) sistem jajar legowo di areal demplot Kampung Kapecong, Kenagarian Kapelgam, Kecamatan Bayang. Panen di areal seluas 1 hektar dengan mengunakan bibit Kartika 1-82 itu, dilakukan Kamis (7/5/2015).

"Kita akan lakukan program ini sampai tingkat bawah, dengan melibatkan petani, pihak kecamatan, nagari dan Babinsa, agar tercapai target surplus beras di Pessel," ungkap Dandim 0311 Pesisir Selatan, Letkol (Inf) Joko Maryanto disela-sela panen raya, tadi siang.

Turut hadir dalam panen raya itu, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (Dispertahorbun) Pesisir Selatan, Afrizon Nazar, Laswan (Kajari Painan), AKBP Deni Yuhasdi (Kapolres Pesisir Selatan), Emirda Ziswati (Kepala BKPP Pessel) dan Rosman Muchtar (Ketua Jaringan Komunitas Masyarakat Peduli Perikanan, Pertanian dan Peternakan/JKMP4 Pessel).

Dikatakan Letkol (Inf) Joko Maryanto, sektor pertanian merupakan salah satu sektor unggulan yang bisa dijadikan sebagai andalan ekonomi bagi masyarakat, baik secara nasional maupun daerah. (Baca: Produksi Gabah Pessel Meningkat 16,48 Persen)

Baca juga: Koramil 04 Kodim Padang Dampingi Petani Percepat Masa Tanam

"Karena andalan, maka sektor ini akan bisa jadi motor penggerak dan penyangga perekonomian secara nasional," terangnya. (lek)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: