Mahyeldi Perintahkan Cabdin Gelar Turnamen Sepak Bola, Juara I Diikutkan Piala Gubernur di Tahun 2024

Senin, 16 Oktober 2023, 20:30 WIB | Olahraga | Kab. Pesisir Selatan
Mahyeldi Perintahkan Cabdin Gelar Turnamen Sepak Bola, Juara I Diikutkan Piala Gubernur...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi beserta jajaran, foto bersama dengan salah satu tim yang mengikuti turnamen sepakbola yang digelar Cabdin VII Dinas Pendidikan, Ahad. Turnamen ini diikuti 23 tim tingkat SMA se-Kabupaten Pesisir Selatan. (humas)

PESISIR SELATAN (16/10/2023) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi meminta Kepala Cabang Dinas (Cabdin) Pendidikan, menggelar turnamen sepakbola untuk siswa tingkat SMA/sederajat di wilayah kerjanya masing-masing.

Turnamen tingkat Cabdin itu, terang dia, akan ditindalanjuti dengan gelaran turnamen sepak bola memperebutkan Piala Gubernur untuk pelajar tingkat SMA dan SMK di tingkat provinsi pada tahun 2024 nanti.

"Tahun 2023 ini, beberapa Kacabdin sudah ada yang memulai turnamen serupa. Saya pikir, itu bagus, untuk menyalurkan bakat para siswa," ujar Mahyeldi saat membuka turnamen sepak bola tingkat SMA se-Kabupaten Pesisir Selatan di Lapangan SMAN 1 Air Pura, Ahad.

Ia menyebut, total Cabdin di Sumbar selain Kota Padang ada 8. Direncanakan, skema pertandingan untuk Piala Gubernur nantinya adalah setiap Cabdin akan mengutus 1 perwakilan yakni pemenang turnamen di wilayah kerjanya masing-masing.

Baca juga: 7 Bulan Menjabat, Zefnihan Digantikan Fauzan Hasan jadi Pj Wali Kota Sawahlunto, Ini Pesan Mahyeldi

"Skemanya, para pemenang di masing-masing wilayah Cabdin akan kita adu untuk memperebutkan Piala Gubernur," ungkap Mahyeldi.

Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Barlius mengatakan, turnamen Cabdin VII ini diikuti 23 tim tingkat SMA se-Kabupaten Pesisir Selatan.

Tujuan dari turnamen tersebut, sambung Barlius, selain sebagai persiapan untuk menghadapi Piala Gubernur, juga mendorong siswa agar tidak hanya mampu berkompetisi secara akademik, tapi juga diharapkan memiliki daya saing dan berprestasi pada bidang lainnya.

"Sesuai dengan amanat Kurikulum Merdeka, para siswa tidak hanya difasilitasi sekolah untuk mengejar prestasi akademik. Tapi juga diberi ruang untuk pengembangan bakat," ungkap Barlius.

Baca juga: Libur Lebaran 2024, Program Desa Wisata Dongkrak Angka Kunjungan Wisatawan

Barlius mengatakan, pengembangan bakat sejak dini penting dilakukan agar kedepan generasi muda memiliki daya saing baik di tingkat lokal maupun internasional. (*)

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: