Mahyeldi: Padang Belum Sepenuhnya Ramah Disabilitas

Kamis, 31 Maret 2016, 17:08 WIB | News | Kota Padang
Mahyeldi: Padang Belum Sepenuhnya Ramah Disabilitas
Trotoar di Kota Padang, telah dilengkapi pemandu untuk penyandang disabilitas seperti trotoar di sekeliling Taman Melati. (istimewa)

VALORAnews - Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengakui, Kota Padang belum sepenuhnya ramah disabilitas (berkebutuhan khusus). Meski sudah memiliki perda disabilitas, namun dalam penerapannya, belum semua fasilitas umum bisa digunakan bagi penyandang disabilitas.

"Untuk disabilitas, kita baru memulai dan mencoba setahap demi setahap. Fasilitas umum di Kota Padang belum seluruhnya ramah disabilitas," kata Mahyeldi saat menerima kunjungan Ketua Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM) Kota Bandung Atalia Ridwan Kamil, Kamis(31/3/2016).

Diterangkannya, saat ini Kota Padang sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) disabilitas. Selain itu juga terdapat produk hukum lainnya yakni Peraturan Walikota Padang (Perwako) tentang kawasan ramah disabilitas.

"Nanti setelah dibuatnya Perda tentang disabilitas seluruhnya akan terakomodasi dengan baik. Setelah ini semuanya akan terintegrasi dengan perencanaan.Tahun ini kita akan launching kawasan ramah disabilitas," katanya.

Baca juga: DPRD Sumbar Minta Asrama Haji Embarkasi Padang Siapkan Antisipasi Dampak Debu Vulkanik Gunung Marapi

Disebutkan Walikota, hanya beberapa kantor yang sudah ramah bagi penyandang disabilitas. Seperti Balaikota, beberapa bank dan lainnya. "Untuk yang lain kita harapkan dapat melengkapinya," ungkapnya.

Dalam pertemuan itu, Ketua RBM Kota Padang, Ny. Harneli Mahyeldi melakukan ekspos tentang Kota Padang. Di penghujung acara dilakukan pertukaran cenderamata. Tampak hadir diantaranya Ketua GOW Kota Padang, Eti Emzalmi serta Ketua DW Kota Padang, Merry Nasir Ahmad.(vri)

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: