Menangkan Persaingan Ekonomi, Indra Catri: Branding Keunggulan Spesifik

Selasa, 29 Maret 2016, 09:32 WIB | Olahraga | Kab. Agam
Menangkan Persaingan Ekonomi, Indra Catri: Branding Keunggulan Spesifik
Bupati Indra Catri, memperkenalkan produk unggulan masyarakat kepada Dirut Pembinaan dan Kesetaraan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Erman Syamsudin, Senin (28/3/2016) di Lubukbasung. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Bupati Agam, Indra Catri menyatakan, pengembangan ekonomi kreatif berbasis pemberdayaan masyarakat, merupakan program unggulan RPJMD pemerintah setempat lima tahun ke depan.

"Memenangkan sebuah kompetisi dalam konsep city branding, sebuah daerah harus memiliki ciri khas dan keunggulan yang tidak dimiliki oleh daerah lainnya. Dengan keunggulan tersebut, sebuah daerah dapat melakukan branding dengan menjual keunggulan dan keistimewaannya menjadi sebuah daya tarik atau brand image," ungkap Indra Catri saat rapat persiapan pencanangan Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Marjinal (GP3M) 2016 di rumah dinas bupati, Senin (28/3/2016).

Di Kecamatan IV Angkek, branding produk unggulannya itu di antaranya, dengan menjual atau mempromosikan produk sulaman tangan, sebagai salah satu produk kebanggaan, sehingga mendapatkan brand positioning.

Begitu juga dengan masyarakat IV Koto yang dikenal dengan kerajinan perak dan kuliner gulai itiak lado hijau.

Baca juga: Dinkes Agam Gelar Pertemuan Advokasi Penerapan Perda KTR, Ini Targetnya

"Di samping mem-branding, kita menginginkan masyarakat mampu berinovatif untuk melahirkan produk-produk baru yang sesuai dengan selera pasar dan perkembangan zaman, sehingga produk-produk yang dijual selalu laku dan diterima selera konsumen," jelas Indra Catri, seperti dikutip dari relis yang diterima.

Dikatakan, persaingan dalam berdagang hal yang lumrah, namun subtansinya bagaimana produk-produk bisa laku di pasaran. Mewujudkannya, terang dia, dibutuhkan kejelian dan kelihaian dalam membaca kebutuhan konsumen serta bisa menciptakan kemasan produk yang lebih menarik dan memiliki kekhasan dari produk unggulan tersebut. Sehingga, bisa bersaing dengan komoditor lainnya.

"Apalagi kita saat ini sudah memasuki masyarakat ekonomi asia atau pasar besar tentunya ini sebuah peluang sekaligus tantangan bagi kita agar produk-produk dalam negeri bisa bersaing dengan produsen lainnya," jelasnya. (kyo)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: