Realisasi Pencapaian Tertinggi, Kemendagri Apresiasi Disdukcapil Padang

Selasa, 15 Maret 2016, 13:46 WIB | News | Kota Padang
Realisasi Pencapaian Tertinggi, Kemendagri Apresiasi Disdukcapil Padang
Sekda Padang, Nasir Ahmad menyerahkan piagam penghargaan dari Kemendagri pada Wedistar (Kadisdukcapil), saat apel pagi di kantor tersebut, Senin (14/3/2016). Penghargaan ini terkait dengan pencapaian realisasi KTP elektronik sebesar 91 persen. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Padang, berhasil merealisasikan penerbitan KTP-el sebesar 91 persen, dari 600 ribu lebih penduduk wajib KTP. Pencapaian ini diapresiasi Kementrian Dalam Negeri, berupa piagam penghargaan karena merupakan pencapaian tertinggi di Indonesia.

"Kita berharap, kinerja bagus ini terus dipertahankan. Sehingga, pelayanan administrasi kependudukan di Kota Padang sesuai dengan harapan masyarakat," ungkap Sekda Padang, Nasir Ahmad, saat memimpin apel pagi di Komplek Kantor Eks SMA 1 Padang Jalan Sudirman, Senin (14/3/2016).

Selain itu, Nasir Ahmad juga menyampaikan apresiasi atas pencapaian tersebut, sekaligus menyerahkan secara simbolis piagam penghargaan dari Menteri Dalam Negeri tersebut pada Kepala Disdukcapil, Wedistar.

Dikatakan Nasir Ahmad, penerbitan KTP-el yang mencapai 91 persen merupakan pencapain yang tinggi di atas rata-rata penerbitan secara nasional. Ini semua berkat kerja sungguh-sungguh yang ditunjukkan Disdukcapil dalam penanganan administrasi kependudukan.

Baca juga: Granat Sumbar: Gerakan Anti Narkoba Layak Masuk Kurikulum Muatan Lokal di Setiap Satuan Pendidikan

Kinerja yang baik ini, harap Nasir Ahmad, hendaknya bukan saja soal penerbitan KTP-el tetapi juga dalam penertiban dokumen kependudukan lainnya. Disdukcapil harus lebih inovatif dengan mengembangkan aplikasi berbasis internet. Hal itu guna meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Termasuk mendukung pelayanan PATEN di tingkat kecamatan.

"Inovasi-inovasi perlu dikembangkan, termasuk mempermudah akses pelayanan melalui aplikasi berbasis internet. Dengan demikian masyarakat tidak lagi ribet mengurus dokumen-dokumen terkait administrasi kependudukan," imbuhnya.

Sementara, Wedistar mengungkapkan, dalam waktu dekat, pihaknya akan meluncurkan aplikasi berbasis web sehingga penerbitan Kartu Keluarga (KK) dan KTP-el nantinya bisa melalui aplikasi tersebut. Diyakini dengan aplikasi ini nanti setiap pengurusan administrasi akan lebih cepat dan pelayanan PATEN di tingkat kecamatan juga lebih terbantu. (vri)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: