Lima Pendaki Marapi Tersesat, Pak Lembang: Rute Badorai Dipenuhi Hutan Lebat

Senin, 07 Maret 2016, 18:00 WIB | Wisata | Kab. Agam
Lima Pendaki Marapi Tersesat, Pak Lembang: Rute Badorai Dipenuhi Hutan Lebat
Lima pendaki Gunung Marapi yang tersesat, ditemukan tim pencari, Senin (7/3/2016) pagi. Mereka ditemukan dalam lembah sedalam 200 meter, setelah naik dari rute Badorai yang merupakan jalur tak umum. (hatta rizal/valoranews)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews - Kelima pendaki gunung yang tersesat, Abdul, Fadil, Syarif, Isnad dan Fikri, ternyata naik lewat rute yang tak biasa didaki para pecinta alam, Gunung Marapi.

Pak Lembang (54) warga Jorong Limo Kampuang, Nagari Sungai Pua, mengatakan, rute yang diambil para pendaki malang itu, jarang dilalui orang. (Baca: Naik dari Badorai, Lima Pendaki Marapi Tersesat)

"Sebenarnya, jalan tersebut bukan rute yang baik untuk mendaki gunung. Biasanya, jalan tersebut hanya dipakai warga untuk berburu," katanya, Senin (5/3/2016).

Kendati jarang digunakan, bagi warga yang sudah biasa ke atas, jalan tersebut sebenarnya bukan masalah. Hanya saja, para pendaki yang tak hapal jalan, sudah dapat dipastikan tersesat. Karena, lebatnya hutan sehingga mempersulit untuk pedoman arah.

Baca juga: KSB Nagari Panampuang Perbaiki Rumah Warga Terdampak Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi

"Jalannya ada kok. Kita tak perlu menerabas semak-semak dengan parang, karena tidak terlalu tertutup. Hanya, mereka memang tak tahu jalan," lanjut Pak Lembang.

Seharusnya, kata Pak Lembang, para pendaki ini melakukan koordinasi terlebih dulu dengan masyarakat sekitar, sehingga kejadian seperti ini tak terulang lagi.

"Sebaiknya, jangan dipilih rute lewat Badorai ini karena berbahaya. Hutan di sana terlalu lebat dan jalannya amat curam," tambahnya.

Dibandingkan rute lewat Koto Baru, menurut Pak Lembang, rute yang dipakai melalui jalur Badorai sebenarnya lebih singkat. "Lewat Badorai, kita bisa hemat waktu selama dua jam. Tapi, jalannya jauh lebih berbahaya," pungkasnya. (cr6)

Baca juga: BPK RI Serahkan Bantuan Rp250 Juta untuk Korban Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: