Bidik 3 Penghargaan Lingkungan, Sekolah Bersiap-siap

Selasa, 16 Februari 2016, 10:05 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Bidik 3 Penghargaan Lingkungan, Sekolah Bersiap-siap
Ilustrasi
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews---Sejumlah sekolah yang diusulkan ikut dalam penilaian lingkungan mulai mempersiapkan diri. Sedikitnya ada tiga penghargaan yang akan dicapai, yaitu Adiwiyata Nasional, Adiwiyata Mandiri dan Asean Eco schools.

Kepala SMAN 1 Lubuk Basung Taslim, mengatakan, pihaknya siap untuk menuju sekolah Adiwiyata Nasional. Persiapan yang telah dilakukannya itu sudah mencapai 90 persen.

"Sebab persiapan ini hanya meneruskan kekurangan dari adiwiyata tingkat kabupaten kemaren dan saat ini kekurangan tersebut sudah dilengkapi dengan sebaiknya," katanya. (baca: 14 Sekolah Diusulkan Ikut Penilaian Lingkungan)

Taslim mengharapkan, hasil kerja yang dilakukan untuk melengkapi kekurangan ini bisa berbuah manis nantinya untuk mencapai sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2016.

Baca juga: SDN 10 PPB Diusulkan Masuk Calon Sekolah Adiwiyata Provinsi

Sementara Kepala SMAN 2 Lubuk Basung, Muhammad Mustafa Kamil, mengatakan, pihaknya tengah menghadapi kendala terberat untuk menuju Asean Eco Schools yaitu kerjasama dengan pihak luar negeri yang memahami dengan lingkungan atau memiliki sertifikat dari luar negeri. (baca: Menuju Adiwiyata, 69 SD Lubuk Basung Dibina)

"Kendala itu yang tengah kita hadapi di SMAN 2 Lubuk Basung, untuk hal lainnya seperti sarana dan prasarana semua sudah memadai bisa di atasi semaksimalnya," ujar Mustafa.

Dikatakan Mustafa, untuk mengatasi kendala yang berat ini juga perlu dukungan dari pihak pemerintah, bagaimana pihak luar bisa mensuport SMAN 2 ini bisa maju ke Asean Eco Schools. Sebab Asean Eco Schools ini merupakan langkah terakhir menuju sekolah peduli lingkungan tingkat internasional tidak ada lagi diatas itu. Jika kendala ini tidak teratasi besar kemungkinan sulit untuk bisa mencapai hal tersebut. (cr6/rel)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor: Fanny Komala Sari
Sumber:

Bagikan: