KPHP Pessel Imbau Masyarakat Awasi Illegal Logging

Sabtu, 26 Oktober 2024, 23:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
KPHP Pessel Imbau Masyarakat Awasi Illegal Logging
Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP), Pessel, mengimbau masyarakat ikut mengawasi aktivitas pembalakan liar di daerahnya. FOTO: Dok Diskominfo Pessel
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

PESISIR SELATAN (26/10/2024) - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP), Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, mengimbau masyarakat ikut mengawasi aktivitas pembalakan liar (Illegal logging), di daerahnya.

"Hutan, memiliki peran sangat besar bagi kelangsungan hidup masyarakat, dan untuk itu kepada masyarakat, agar proaktif melakukan pengawasan. Terutama, melaporkan segera setiap aksi pembalakan liar yang ditemui, kepada pihak kami dan terkait lainnya," ucap Kepala UPTD KPHP Pessel, Hendrio, dalam relis Diskominfo, Sabtu (26/10/2024).

Kabupaten Pessel, terangnya, memiliki kawasan hutan yang luas, memiliki banyak sungai, dengan kemiringan yang tinggi. Karena, berhulu di hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

"Untuk itu, kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestariannya, sangat diharapkan," ujarnya.

Baca juga: Ini 10 Sumber Air Baku PDAM Padang Panjang, Ada yang Dibangun Tahun 1913

Apalagi, kawasan hutan di sepanjang gugusan Bukit Barisan, jelas merupakan sumber kehidupan.

Sebab, memiliki fungsi untuk menjaga ekosistem, serta juga sebagai penyedia sumber air, untuk berbagai kebutuhan. Termasuk, untuk pertanian dan perkebunan.

"Praktek pembalakan liar (illegal logging) akan berdampak ke berbagai bencana. Seperti: banjir, tanah longsor, bahkan juga kekeringan. Dan,di sini lah diharapkan fungsi pengawasan dari masyarakat," ucap Hendrio. (*)

Penulis: Tusrisep
Editor: Tusrisep
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024