Pemkab Agam Kaji Banding ke Padang Pariaman, Ini Alasannya

Kamis, 03 Oktober 2024, 08:45 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Pemkab Agam Kaji Banding ke Padang Pariaman, Ini Alasannya
Kepala Bappeda Agam, Rahmad Lasmono pimpin dialog dengan Bapelitbanda Padang Pariaman serta sejumlah pimpinan OPD, Rabu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

AGAM (2/10/2024) -- Keberhasilan Kabupaten Padang Pariaman masuk nominasi penilaian tingkat nasional bidang pelayanan masyarakat, pembangunan infrastruktur serta pengelolaan keuangan daerah sejak tahun 2018, jadi objek kaji banding Bapelitbangda Agam.

"Kaji banding ini dilakukan untuk menggali kiat-kiat inovasi yang telah membawa Kabupaten Padang Pariaman," ungkap Kepala Bappeda Agam, Rahmad Lasmono.

Hal itu dikatakan Rahmad Lasmono, saat memimpin delegasi tim Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbanda) Agam serta beberapa kepala bidang dan pejabat fungsional di lingkungan Pemkab Agam.

Dikatakan, fokus dari kegiatan ini adalah pemanfaatan teknologi informasi dalam pelayanan publik, yang telah membantu Kabupaten Padang Pariaman menciptakan inovasi-inovasi unggul.

Baca juga: Pemprov Sumbar Gelar Rapat Evaluasi Administrasi Pembangunan Triwulan III di Agam

Salah satu yang dibahas adalah keberhasilan Kabupaten Padang Pariaman masuk nominasi dalam ajang Innovation Government Award (IGA) 2023 dengan 303 inovasi yang mempermudah masyarakat dalam mengurus berbagai layanan administratif secara cepat dan efisien.

Sedangkan untuk tahun 2024, ditargetkan menjadi "Top 3" ditingkat nasional.

Inovasi-inovasi ini dipandang sebagai contoh yang dapat diadopsi Kabupaten Agam untuk meningkatkan kualitas pelayanannya.

Sementara, Kepala Bidang Litbang Bapelitbangda Padang Pariaman, Nofriyanti menyampaikan, inovasi-inovasi yang lahir tidak terlepas dari adanya komitmen bersama antara pimpinan dengan seluruh pemangku jabatan di lingkungan Pemkab Padang Pariaman.

Baca juga: Generasi Stunting akan Bebani Negara, Ini Langkah Antisipasi Pemkab Agam

Hal ini dicapai dengan menjalin komunikasi intensif melalui kolaborasi, coaching clinic yang rutin diadakan ditingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta adanya penghargaan (reward) tahunan untuk OPD yang paling inovatif.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan:
IKLAN NOMOR URUT CALON WALI KOTA DAN WAKIL WALI KOTA PADANG 2024