Supardi Beberkan Kinerja Bidang Legislasi, Anggaran dan Pengawasan pada Pelantikan DPRD Sumbar Periode 2024-2029

Kamis, 29 Agustus 2024, 00:49 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Supardi Beberkan Kinerja Bidang Legislasi, Anggaran dan Pengawasan pada Pelantikan DPRD...
Ketua DPRD Sumbar 2019-2024, Supardi menyerahkan memoar kerja selama lima tahun pada Ketua Sementara DPRD Sumbar 2024-2029, Irsyad Safar pada rapat paripurna pelantikan anggota dewan provinsi, Rabu. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Setelahnya, SK Kemendagri tentang Peresmian Pengangkatan Anggota DPRD Provinsi Sumbar periode 2024-2029. Komposisinya terdiri dari PKS dan Gerindra dengan perolehan sama-sama 10 kursi.

Kemudian, Partai Golkar dan Partai Nasdem sama-sama raih 9 kursi. Kemudian, PAN dan Partai Demokrat juga berbagi sama 8 kursi. Lalu, PPP meraih 5 kursi serta PDIP dan PKB sama-sama mendapatkan 3 kursi.

Dalam prosesi pengambilan sumpah dan janji tersebut, 65 orang wakil rakyat itu berikrar untuk menjalankan tugas dan kewajiban dengan sebaik-baiknya, serta berkomitmen untuk bekerja demi kepentingan rakyat dan memajukan pembangunan di Sumatera Barat.

Menuut Supardi, masih banyak pekerjaan rumah dan tugas-tugas berat yang sudah menunggu yang harus diselesaikan Anggota DPRD Masa Jabatan Tahun 2024-2029 bersama pemerintahan daerah.

Di antaranya, trend pendapatan daerah dalam berapa tahun terakhir mengalami penurunan yang sejalan dengan pertumbuhan ekonomi daerah yang juga menujukan pertumbuhan yang menurun.

Kemudian, DPRD bersama Pemerintah Daerah telah menetapkan Perda tentang RPJPD Sumatera Barat Tahun 2025-2045 dan Persetujuan Substansi terhadap RTRW Sumatera Barat Tahun 2024-2044 yang akan jadi arah kebijakan dan sasaran yang akan dicapai oleh Provinsi Sumatera Barat pada 20 Tahun yang akan datang.

"DPRD dan Pemerintah Daerah harus dapat merumuskan program dan kegiatan yang sejalan serta konsisten dan komitmen melaksanakan dan mencapai sasaran tersebut yang berujung pada terwujudnya Indonesia Emas pada Tahun 2045," ungkap Supardi.

Pembangunan sirip jalan tol Padang-Pekanbaru yang sangat strategis sekali untuk mendorong kemajuan daerah, masih belum dapat dirampungkan. Masih banyak persoalan yang harus diselesaikan, baik pembebasan lahan, trase dan permasalahan lainnya.

"DPRD dan Kepala Daerah yang akan datang, harus betul-betul serius untuk menyelesaikan semua permasalahan tersebut. Agar, pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Sumbar dan Riau, dapat diselesaikan," harap dia.

Supardi juga mengucapkan selamat pada Anggota DPRD yang akan mengucapkan sumpah/janjinya, baik yang baru maupun anggota DPRD lama yang duduk kembali.

"Selamat menjalankan tugas dan pengadiannya di DPRD Sumatera Barat," ucapnya.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: