LABKESMAS PADANG Lakukan Pemeriksaan Prolanis di Bayang

Minggu, 25 Agustus 2024, 20:20 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
LABKESMAS PADANG Lakukan Pemeriksaan Prolanis di Bayang
Tim Labkesmas Padang mengadakan pengambilan dan pemeriksaan spesimen peserta Prolanis di Puskesmas Pasar Baru, Bayang, Pessel, Jumat (16/8/2024). FOTO: Dok Diskominfo Pessel
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

PESISIR SELATAN (25/8/2024) - Tim Laboratorium Kesehatan Masyarakat (Labkesmas) Kota Padang, Sumatera Barat, mengadakan kegiatan pengambilan dan pemeriksaan spesimen peserta Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) di Puskesmas Pasar Baru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

Dalam relis Diskominfo Pessel, Minggu (25/8/2024), kegiatan dibuka Kepala Puskesmas Pasar Baru diwakili dr Mudrika Suri. Kemudian dilanjutkan Edukasi oleh Petugas Gizi, Govinda Flananta.

dr Mudrika Suri, dalam sambutan mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama antara BPJS Kesehatan Padang, dengan Labkesmas Padang, sebagai laboratorium referensi Prolanis .

"Dan, Puskesmas Pasar Baru, merupakan satu dari sekian Fasilitas Kesehatan (Faskes) tingkat I, yang menjadi jaringan Program Prolanis di Labkesmas Padang," ucapnya.

Baca juga: 1.030 Guru Non PNS Bukittinggi Dibayarkan Iuran BPJS Ketenagakerjaan

Tim Labkesmas Padang, turun ke lapangan untuk melakukan pendaftaran layanan, dan pengambilan sampel peserta prolanis.

Hasil pemeriksaan laboratorium, akan menjadi rujukan bagi dokter di Faskes Tingkat I, dalam memberikan asuhan medis, kepada para peserta prolanis.

"Kegiatan ini, rutin dilakukan enam bulan sekali, sesuai dengan aturan BPJS Kesehatan sebagai pemilik program," ujar dr Mudrika Suri.

Prolanis adalah suatu pelayanan kesehatan, dan pendekatan proaktif, yang dilaksanakan secara terintegratif, melibatkan peserta fasilitas kesehatan, dan BPJS. Dengan tujuan, meningkatkan kualitas hidup optimal dan biaya yang efektif dan efisien.

Baca juga: Pemprov Sumbar Bayarkan Iuran BPJS Ketenagakerjaan 7.000 Lebih Nelayan, Ini Harapan Mahyeldi

"Penyakit yang dikategorikan dalam Prolanis: Hipertensi dan Diabetes Melitus," ujar dr Mudrika Suri. (*)

Penulis: Tusrisep
Editor: Tusrisep
Sumber:

Bagikan: