DINKES PESSEL Gelar Skrining PTM di Sutera

Minggu, 25 Agustus 2024, 15:20 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
DINKES PESSEL Gelar Skrining PTM di Sutera
Dinas Kesehatan Pessel menggelar kegiatan skrining Penyakit Tidak Menular (PTM), ke masyarakat di Sutera, baru - baru ini. FOTO: Dok Diskominfo Pessel
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

PESISIR SELATAN (25/8/2024) - Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, terus menggencarkan kegiatan skrining Penyakit Tidak Menular (PTM), kepada masyarakatnya.

Seperti yang dilakukan baru - baru ini, di Nagari Koto Nan Tigo Selatan Surantih, Kecamatan Sutera. Dimana ada sekitar 30 - an masyarakat setempat yang di skrining PTM. Dimulai sejak usia 15 tahun, hingga yang sudah lansia

"Upaya ini, untuk mempersiapkan generasi dan juga lanjut usia (Lansia), yang berkualitas, dan juga tetap produktif di masa datang,"ucap Petugas PTM Puskesmas Kayu Gadang Sutera, Alni Devi Roza, dalam relis Diskominfo Pessel, Minggu (25/8/2024).

Jika ada masyarakat, terangnya, diketahui sudah dalam kondisi PTM, maka segera bisa mendapatkan pengobatan.

Baca juga: RUSMA YUL ANWAR: Pembangunan Pengembangan Puskesmas Lumpo untuk Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat

"Gunanya, untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap terkontrol, dan dapat hidup produktif," ujar Alni Devi Roza.

Dia menjelaskan, faktor penyebab risiko PTM, diantaranya karena kurang aktivitas fisik, diet yang tidak seimbang, merokok, konsumsi alkohol, obesitas, hiperglikemia (kadar gula darah yang tinggi, hipertensi, dan hiperkolesterol.

"Melalui kegiatan skrining PTM yang kita lakukan di Nagari Koto Nan Tigo Selatan Surantih ini, kita temukan: tiga orang PTM. Diantaranya, menderita hipertensi, dan satu orang menderita diabetes melitus. Dan, ketiganya juga langsung diberikan pengobatan gratis," ujarnya, diamini (petugas lainnya) Wilda Susanti, Tari Indah Yulita, dan Wila Widiana. (*)

Penulis: Tusrisep
Editor: Tusrisep
Sumber:

Bagikan: