Desa Wisata Pagadih Masuk 50 Besar ADWI Tahun 2024

Sabtu, 24 Agustus 2024, 09:45 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Desa Wisata Pagadih Masuk 50 Besar ADWI Tahun 2024
Adhyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf, Nia Niscaya serahkan penghargaan ADWI 2024 pada Bupati Agam diwakili Jetson, pada kegiatan visitasi, Kamis. (humas)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

AGAM (22/8/2024) - Desa Wisata Pesona Pagadih di kecamatan Palupuah, ikuti proses visitasi (verifikasi-red) pada ajang Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024.

"ADWI merupakan bentuk apresiasi terhadap desa-desa wisata yang telah menunjukkan perkembangan signifikan dalam pengelolaan wisata berbasis masyarakat," ungkap Adhyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf, Nia Niscaya disela kegiatan visitasi, Kamis.

Pada visitasi ini, Nia Niscaya yang mewakili Menteri Parekraf itu, didampingi dua orang juri ADWI 2024, I Gede Pitana dan Reni Fitriani.

Dikatakan Nia, hanya 50 desa di Indonesia yang berhasil mendapatkan penghargaan ADWI. Dari Sumatera Barat, Kabupaten Agam merupakan satu dari 3 daerah mendapatkan penghargaan ini.

Baca juga: Kembangkan Pariwisata Sumbar, Gubernur Sumbar Temui Wamenparekraf

Tiga desa di Sumatera Barat itu yakni Desa Wisata Danau Diateh di Kabupaten Solok, Desa Wisata Pesona Pagadih (Kabupaten Agam) dan Desa Wisata Amping Parak (Kabupaten Pesisir Selatan).

"Ajang ini bertujuan untuk mendorong peningkatan kualitas pengelolaan pariwisata di tingkat desa, sehingga mampu memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat setempat," terang Nia.

Dengan masuknya Desa Wisata Pesona Pagadih pada ajang ADWI 2024 ini, katanya, Kabupaten Agam semakin memperkokoh posisinya sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Sumatera Barat.

"Semoga pemerintah daerah berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas infrastruktur, promosi, serta pelatihan bagi masyarakat dalam mengelola dan mempromosikan pariwisata yang berkelanjutan," harapnya.

Baca juga: PEMKAB PESSEL Bakal Beri Gelar Adat ke Sandiaga Uno

Sementara, Bupati Agam diwakili Asisten II Setda Agam, Jetson mengucapkan syukur atas pencapaian Desa Wisata Pesona Pagadih ini.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: