Desa Wisata Pagadih Masuk 50 Besar ADWI Tahun 2024

Sabtu, 24 Agustus 2024, 09:45 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Desa Wisata Pagadih Masuk 50 Besar ADWI Tahun 2024
Adhyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf, Nia Niscaya serahkan penghargaan ADWI 2024 pada Bupati Agam diwakili Jetson, pada kegiatan visitasi, Kamis. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

"Ini merupakan hasil kerja keras seluruh masyarakat dan pemerintah daerah dalam mengembangkan potensi wisata desa-desa di Kabupaten Agam," terangnya.

"Ini adalah buah dari kerjasama yang solid antara pemerintah daerah, masyarakat, dan para pelaku wisata dalam mengembangkan desa wisata di Agam."

"Penghargaan ini bukan hanya milik satu desa saja, tetapi milik seluruh masyarakat Nagari Pagadih dan umumnya masyarakat Kabupaten Agam yang telah bekerja keras mempromosikan kekayaan budaya dan alam daerah ini," ujar Jetson.

Baca juga: MENTERI PAREKRAF Sandiaga Uno Bakal Berkunjung ke Amping Parak Pessel

Dia menyatakan, prestasi ini akan menjadi motivasi bagi Kabupaten Agam untuk terus mengembangkan potensi wisata di daerahnya.

Ia juga berharap, desa-desa wisata lainnya dapat mengikuti jejak yang telah diraih dalam ADWI 2024 ini.

"Kami akan terus berupaya untuk mengembangkan potensi desa-desa lain di Agam. Kami ingin setiap desa di sini bisa menjadi destinasi wisata yang diminati oleh wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri," tambahnya.

Agenda tersebut dilanjutkan dengan peninjauan UMKM lokal, penanaman bibit pohon, penyerahan penghargaan dan prasasti.

ADWI 2024 terdiri lima kategori penilaian. Pertama, daya tarik desa wisata yang merupakan potensi utama desa wisata yang memiliki keunikan, keotentikan, dan kreativitas yang menjadi daya tarik wisata berupa produk wisata (wisata alam, buatan, budaya) dan produk ekonomi kreatif (kriya, kuliner, fesyen).

Kemudian amenitas yaitu peningkatan standar kualitas amenitas pariwisata dengan standar CHSE melalui fasilitas homestay, toilet, serta fasilitas penunjang pariwisata lainnya (restoran, tempat ibadah dan parkir) untuk pemenuhan sarana dan prasarana kenyamanan wisatawan.

Selanjutnya digital, yaitu akselerasi transformasi digital melalui pelayanan infrastruktur dan menciptakan konten kreatif sebagai sarana promosi desa wisata melalui media digital.

Halaman:
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: