4 Hari Jelang Pendaftaran ke KPU, Mahyeldi Kumpulkan Perangkat Nagari 4 Daerah se-Sumbar di Padang

Jumat, 23 Agustus 2024, 00:45 WIB | Bisnis | Provinsi Sumatera Barat
4 Hari Jelang Pendaftaran ke KPU, Mahyeldi Kumpulkan Perangkat Nagari 4 Daerah se-Sumbar...
Gubernur Sumbar, Mahyeldi didampingi Plt Kepala DPM, Mahdianur, memberikan arahan pada kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan dan Pengurus Kelembagaan Nagari/Desa Tahun 2024 di Padang, Kamis. (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

Mahyeldi mengajak seluruh peserta kegiatan, untuk lebih kreatif dalam mengembangkan potensi-potensi desa, mulai dari sektor pariwisata, pertanian, kehutanan dan perdagangan.

Menurutnya, setiap nagari di Sumbar memiliki keunikan yang tidak ditemui daerah lainnya, dan itu bisa menjadi kekuatan jika terkelola secara baik.

"Keunikan itu bisa dimanfaatkan, untuk menarik minat wisatawan datang berkunjung, membuka peluang usaha masyarakat dan sebagainya. Kita hanya perlu sedikit lebih kreatif," ucap Mahyeldi.

Baca juga: Gubernur Lantik Mahdianur Musa jadi Ketua Karang Taruna Sumbar 2022-2027

Efektivitas dari sektor tersebut, menurut Mahyeldi, telah teruji untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat. Salah satu buktinya,

Sumbar berhasil meraih penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) dan berhasil meningkatkan aksebiliti masyarakat terhadap pemanfaatan kawasan hutan melalui program perhutanan sosial.

"Salah satu dampak positif dari bertumbuhnya sektor pariwisata dan bertambah luasnya area perhutanan sosial di Sumbar, angka gini ratio Sumbar nomor 3 terkecil di Indonesia," terang dia.

"Hal itu terjadi karena, perputaran uang langsung menyentuh masyarakat di tingkat desa atau nagari," tegasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Sumbar, Mahdianur menuturkan, kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan dan pengurus kelembagaan nagari/desa Tahun 2024 ini diikuti Wali Nagari, Sekretaris Nagari, Bamus dan pengurus kelembagaan yang berasal dari Kabupaten Kepulauan Mentawai, Agam, Padang Pariaman dan Sijunjung.

"Pelatihan ini kita selenggarakan bergilir, bagi aparatur desa dan nagari di seluruh Sumbar," ungkap Mahdianur. (*)

Halaman:
1 2
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: