PUSKESMAS TANJUNG MAKMUR Gelar Skrining Anemia dan Distribusi Tablet Fe

Minggu, 18 Agustus 2024, 23:50 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
PUSKESMAS TANJUNG MAKMUR Gelar Skrining Anemia dan Distribusi Tablet Fe
Petugas Gizi Puskesmas Tanjung Makmur, Silaut, melakukan Skrining Anemia dan Pendistribusian Tablet Fe, di salah satu sekolah di Silaut, Selasa (13/8/2024). FOTO: Dok Diskominfo Pessel
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

PESISIR SELATAN (18/8/2024) - Petugas Gizi dari Puskesmas Tanjung Makmur, Kecamatan Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, menggelar pelaksanaan Skrining Anemia, dan Pendistribusian Tablet Fe di salah satu sekolah di daerah tersebut, upaya pengecekan kesehatan.

Dari relis Diskominfo Pessel, kegiatan tersebut dilaksanakan oleh beberapa petugas Gizi, setempat. Diantaranya: Wildanira Maisari, Triswinanda Sekarpuri, dan Helen Damaika.

"Kurang darah atau anemia, adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat, atau ketika sel darah merah tidak berfungsi dengan baik," ujar Wildanira Maisari.

Akibatnya, organ tubuh tidak mendapat cukup oksigen. Sehingga, membuat penderita anemia pucat dan mudah lelah.

Baca juga: RUSMA YUL ANWAR: Pembangunan Pengembangan Puskesmas Lumpo untuk Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat

Anemia bisa terjadi sementara, atau dalam jangka panjang dengan tingkat keparahan ringan sampai berat. Karena, anemia merupakan gangguan darah atau kelainan hematologi. Terjadi ketika kadar hemoglobin (bagian utama dari sel darah merah yang mengikat oksigen) berada di bawah normal.

"Terkait hal ini, maka kami (petugas gizi) dari Puskesmas Tanjung Makmur, melakukan Skrining Anemia dan Pendistribusian Tablet Fe di sekolah - sekolah. Kegiatan ini, jelas sangat bermanfaat bagi siswa setempat," ujar Wildanira Maisari. (*)

Penulis: Tusrisep
Editor: Tusrisep
Sumber:

Bagikan: