Gubernur Buka Festival Urang Minang Baralek Gadang II, Ini Pesannya

Sabtu, 03 Agustus 2024, 19:48 WIB | Wisata | Kab. Agam
Gubernur Buka Festival Urang Minang Baralek Gadang II, Ini Pesannya
Gubernur Sumbar, Mahyeldi didampingi Ismunandi Syofyan (anggota DPRD Agam), Andri Warman (Bupati Agam), memukul gendang tasya saat membuka Festival Urang Minang Baralek Gadang di GOR Rang Agam, Jumat. (humas)
TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

AGAM (2/8/2024) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi berharap, selain semakin lestarinya kebudayaan, Festival Urang Minang Baralek Gadang juga akan memperkuat hubungan sosial.

Kemudian, meningkatkan kunjungan wisatawan yang akan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi lokal dan sektor UMKM.

"Apalagi, banyak generasi muda yang terlibat sebagai pelaku UMKM di festival ini," ujar Mahyeldi.

Hal itu dikatakan Mahyeldi, saat membuka Festival Urang Minang Baralek Gadang yang akan berlangsung pada tanggal 1 hingga 3 Agustus 2024 di GOR Rang Agam, Jumat.

Baca juga: Urang Minang Baralek Gadang II Meriah, Ismunandi Sofyan: Ruang untuk Masyarakat Berkumpul dan Merayakan Tradisi

Mahyeldi menyebutkan, festival tersebut merupakan bagian dari upaya efektif dalam melestarikan budaya Minang sekaligus meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM yang terlibat di dalamnya.

Sementara itu, Bupati Agam, Andri Warman mengatakan, Festival Urang Minang Baralek Gadang diwarnai beragam kegiatan, termasuk Festival Kriya, Festival Marandang dan Festival Solo Song.

Berbagai kegiatan selama festival tersebut, diharapkan dapat berkontribusi pada pelestarian dan pengembangan budaya Minang, serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan budaya.

"Kegiatan ini sangat menarik dan meriah, serta dilaksanakan di ibu kota Lubuk Basung. Kami berharap acara ini dapat dinikmati dengan gembira oleh masyarakat, khususnya masyarakat Lubuk Basung," ujar Andri Warman.

Baca juga: 120 Peserta Workshop Ikuti Penguatan Kelembagaan dan Pengembangan Usaha KTH dan KPS, Ini Harapan Ismunandi Syofyan

Di saat yang sama, Anggota DPRD Sumbar, Ismunandi Sofyan menjelaskan bahwa festival ini merupakan acara kedua yang diadakan di Kabupaten Agam, khususnya di Lubuk Basung sebagai ibu kota kabupaten. Tahun lalu, festival serupa juga dilaksanakan di tempat yang sama.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: