PUSKESMAS Rahul Tapan Gelar Penyuluhan Cegah Kekerasan Anak

Minggu, 21 Juli 2024, 22:05 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
PUSKESMAS Rahul Tapan Gelar Penyuluhan Cegah Kekerasan Anak
Puskesmas Rahul Tapan melakukan penyuluhan pencegahan kekerasan pada anak dan perempuan, kepada masyarakat di Posyandu Belimbing, Nagari Binjai Tapan, Kamis (11/7/2024). FOTO: Dok Diskominfo Pessel

PESISIR SELATAN (21/7/2024) - Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan, melakukan penyuluhan pencegahan kekerasan pada anak dan perempuan.

"Ini (kegiatan) penting bagi masyarakat. Terutama untuk mencegah terjadinya kekerasan pada anak dan perempuan di dalam keluarga," ucap Kepala Puskesmas Rahul Tapan, Idris, dalam relis dikirim Diskominfo Pessel, Minggu (21/7/2024).

Kegiatan dilaksanakan di Posyandu Balita (Posyandu Belimbing), Nagari Binjai Tapan.

Petugas yang memberikan penyuluhan: Indriani (petugas Puskesmas), bersama perawat Sonia Ade Putri. Dan diikuti peserta para orang tua balita serta Kader Posyandu setempat.

Baca juga: Tim Provinsi Nilai Posyandu Afdeling Bravo, Ini Keunggulan dan Inovasinya

"Melihat perkembangan zaman, sering terjadi depresi pada anak, akibat masalah keluarga. Maka, peran petugas kesehatan perlu mengedukasi masyarakat. Untuk terciptanya, keluarga kecil bahagia sejahtera, generasi sehat dan cerdas," ucap Idris.

Jenis - jenis kekerasan terhadap perempuan dan anak, terangnya, pada dasarnya sama.

Hanya saja, bentuk kekerasan yang dilakukan terdapat beberapa perbedaan.

Diantaranya: kekerasan fisik yang mengakibatkan rasa sakit. Seperti memukul, menampar, menendang, dan sebagainya.

Baca juga: LGBT jadi Isu Utama Program Penyuluhan Sosial Keliling, Ini Kata Ketua DPRD Sumbar

"Peran orang tua dan lingkungan sangat penting pada masa perkembangan anak, terutama pada remaja. Untuk itu, dihimbau kepada masyarakat, untuk bisa membangun hubungan harmonis dengan anak dan anggota keluarga lainnya," ujar Idris. (*)

Penulis: Tusrisep
Editor: Tusrisep
Sumber:

Bagikan: