SDN 04 Targetkan jadi Sekolah Berwawasan Lingkungan Tingkat Asean

Selasa, 19 Januari 2016, 20:00 WIB | Kabar Daerah | Kota Bukittinggi
SDN 04 Targetkan jadi Sekolah Berwawasan Lingkungan Tingkat Asean
Tanaman penghijauan, memenuhi berbagai sudut SDN 04 Birugo, Bukittinggi. Sekolah ini menargetkan meraih Adiwiyata nasional bahkan tingkat Asean. (hatta rizal/valoranews)

VALORAnews - SDN 04 Birugo, Bukittinggi tampaknya tak main-main dalam menghadapi penilaian Adiwiyata Mandiri 2016. Tak hanya mengincar tempat terhormat di kancah nasional, SD yang tengah dipersiapkan Kantor Lingkungan Hidup (KLH) dalam penilaian sekolah berwawasan lingkungan ini, bahkan punya misi untuk menembus Asean.

"Pembenahan lingkungan kami intenskan disamping administrasi. Selain itu, kami juga ikut membina sekolah lainnya untuk diikutkan ke Adiwiyata tingkat kota maupun provinsi,'' kata Kepala SDN 04 Birugo, Artispen, Selasa (19/1/2016).

Menurut Artispen, seluruh stak eholder akan bekerja keras untuk mewujudkan hal ini. Sebab, saat sekarang, katanya, SDN 04 sudah berada di tahapan mandiri setelah sebelumnya berada di tahap nasional.

"Tahun ini semoga kita bisa meraih Adiwiyata Mandiri sehingga tahun depan kita punya target menembus Asean," tambahnya optimistis.

Baca juga: Wako Bukittinggi Terima Audiensi Dewan Pendidikan, Ini yang Dibicarakan

Selain kebanggaan, kata Artispen, Adiwiyata ini sangat berperan dalam mendukung proses belajar mengajar di sekolahnya, karena siswa dapat belajar memahami lingkungannya.

"Positif sekali pengaruh Adiwiyata yang berbasis lingkungan ini. Dulu, sekolah ini gersang. Setelah kita gencarkan kebersihan serta kehijauan lingkungan, sekolah tampak kondusif yang berperan terhadap pembelajaran siswa," tutupnya

Pada 2016 ini, Kantor Lingkungan Hidup atau KLH Bukittinggi selain mempersiapkan SDN 04 Birugo, juga mempersiapkan dua sekolah lainnya untuk menghadapi penilaian Adiwiyata Mandiri yang rencananya akan digelar Februari-Maret 2016. (cr6)

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: