Realisasi DAK Fisik dan Non Fisik Agam 2024 masih Dibawah Target, Ini Arahan Bupati Agam

Sabtu, 06 Juli 2024, 12:50 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Realisasi DAK Fisik dan Non Fisik Agam 2024 masih Dibawah Target, Ini Arahan Bupati Agam
Bupati Agam, Andri Warman pimpin rapat percepatan relisasi DAK fisik dan non fisik tahun 2024 bersama pimpinan OPD, Senin. (humas)

AGAM (1/7/2024) - Kabupaten Agam mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2024 untuk fisik dengan pagu Rp61,526 miliar dan pagu non fisik Rp253,715 miliar.

"Waktu kita tidak banyak, hanya hitungan hari sampai 22 Juli untuk menyelesaikan kelengkapan administrasi serapan DAK," ungkap Bupati Agam, Andri Warman pada rapat koordinasi percepatan pelaksanaan pembangunan tahun 2024, Senin.

Oleh karena itu, dia meminta seluruh lini pemerintahan, lebih proaktif dalam memikirkan langkah-langkah strategis yang matang agar setiap program pembangunan yang direncanakan, bisa berjalan efektif dan efisien.

"Percepat pelaksanaan pembangunan, sesuai dengan program unggulan dan strategis lainnya untuk kemajuan Kabupaten Agam," tegas Andri Warman.

Baca juga: RUSMA YUL ANWAR: Tidak Ada Tempat untuk LGBT di Pessel

Ia juga menyampaikan, serapan Dana Alokasi Khusus (DAK) harus maksimal. Untuk itu, diminta pada seluruh lini pemerintahan, lebih proaktif dalam memikirkan langkah-langkah strategis yang matang.

Diketahui, jumlah DAK fisik tahun 2024 ini mengalami peningkatan Rp10,936 miliar dibandingkan tahun sebelumnya, sebesar Rp50,590 miliar.

Pagu DAK Fisik 2024 akan dialokasikan ke beberapa bidang di antaranya pendidikan sebesar Rp10,264 miliar yang meliputi pendidikan anak usia dini, sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan perpustakaan.

Kemudian Kesehatan dan Keluarga Berencana (KB) sebesar Rp11,959 miliar terdiri dari penguatan sistem kesehatan, keluarga berencana, penguatan penurunan angka kematian ibu dan bayi serta intervensi stunting.

Baca juga: Supardi Serahkan Ratusan Ribu Bibit Lele dan Pakan ke Pokdakan Koto Panjang

Selanjutnya pada Pembangunan Jalan dan Jembatan sebesar Rp15.302.907.000, yang mencakup tematik penguatan pariwisata prioritas dan tematik penguatan sentra produksi pangan.

Halaman:
IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: