Kafilah 16 Kecamatan Ikuti MTQ Nasional ke-41 Tingkat Kabupaten Agam, Ini Pesan Gubernur

Kamis, 04 Juli 2024, 09:23 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Kafilah 16 Kecamatan Ikuti MTQ Nasional ke-41 Tingkat Kabupaten Agam, Ini Pesan Gubernur
Gubernur Sumbar, Mahyeldi didampingi Andri Warman (Bupati Agam), Edi Busti (ketua LPTQ Agam), Mahyudin (Kakanwil Kemenag Sumbar) dan Suharman (wakil ketua DPRD Agam) memukul beduk pada pembukaan MTQ Nasional ke-41, Selasa. (humas)

AGAM (2/7/2024) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi menegaskan, meningkatkan keterikatan dengan al Quran, artinya meningkatkan interaksi, pengetahuan, pemahaman dan pengamalan terhadap kitab suci umat Islam itu.

"Ini jadi penting, karena Al Quran adalah pedoman hidup. Fakta sejarah mencatat, bahwa apa yang diajarkan Rasulullah melalui Al Quran, semuanya memberikan kebaikan pada kehidupan kita," ucap Mahyeldi.

Hal itu disampaikan Mahyeldi saat meresmikan MTQ Nasional ke-41 tingkat Kabupaten Agam di Lapangan Ponpes Asy Syarif Koto Tangah, Tilatang Kamang, Selasa.

Mahyeldi menegaskan, pelaksanaan MTQ sejak tingkat nagari hingga tingkat internasional, bertujuan untuk memantapkan keterikatan masyarakat dengan Al Quran.

Baca juga: Bupati Pimpin Upacara Peringatan 31 Tahun Lubuk Basung sebagai Ibukota Kabupaten Agam

Terlebih, sambungnya, masyarakat Sumbar memiliki salah satu karakteristik yang khas, yaitu penerapan falsafah Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

Bahkan, karakteristik itu telah diakui negara secara de jure melalui Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2022 tentang Sumatera Barat, yang juga diperkuat dengan kehadiran Perda tentang Nagari.

"Tidak ada alasan lagi untuk tidak mengamalkan kandungan Al Quran dalam keseharian kita di Sumbar, karena itu juga telah diatur melalui undang-undang dan jadi fakta yang tak terbantahkanm: terangnya.

"Pelaksanaan MTQ, merupakan wujud nyata kita mengimplementasikan undang-undang tersebut," tambah Mahyeldi.

Baca juga: Jambore III BKMT Agam, Syifa Fauzia: Unik dan Kreatif

Selain itu, sambung dia, pelaksanaan MTQ sejak tingkat nagari juga bagian dari upaya perlawanan terhadap perkembangan perilaku menyimpang di tengah masyarakat.

Halaman:
IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: