PUSKESMAS RAHUL TAPAN Beri Layanan Kesehatan PTM

Sabtu, 29 Juni 2024, 14:05 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
PUSKESMAS RAHUL TAPAN Beri Layanan Kesehatan PTM
Puskesmas Rahul Tapan Pessel memberikan pelayanan kesehatan ke masyarakat terkait Posbindu PTM (Penyakit Tidak Menular) di Nagari Simpang Gunung Tapan, Selasa (11/6/2024). FOTO: Dok Diskominfo Pessel

PESISIR SELATAN (29/6/2024) -Puskesmas Ranah Ampek Hulu (Rahul) Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat, memberikan pelayanan kesehatan masyarakat terkait Posbindu PTM (Penyakit Tidak Menular) di Nagari Simpang Gunung Tapan.

Kepala Puskesmas Rahul Tapan, Idris, mengatakan Posbindu PTM adalah Pos Pelayanan Terpadu Penyakit Tidak Menular yang dilakukan oleh tenaga kesehatan.

Pelayanan yang dilakukan di Posbindu PTM: skrining penyakit tidak menular, skrining indera, skrining kanker ke masyarakat dan lainnya.

Dan, masyarakat pun diajak datang ke Posbindu PTM, untuk memeriksakan kesehatannya.

Baca juga: PUSKESMAS RAHUL Tapan Gelar IKL ke Sekolah Dasar

Kegiatan ini merupakan Program Puskesmas yang terintegrasi, didampingi Bidan Desa Nagari Talang Balarik Tapan, Nofrianti.

Selain itu, petugas Puskesmas skrining penyakit tidak menular adalah Tri Merisa Candra & Sonia Ade Putri.

Petugas Skrining indera Hesti Wima Putri & Indriani. Kemudian, petugas Skrining Kanker Masyarakat Destina Fariati & Mindi Wulan Sari.Dan, petugas TB Dewi Sartika & Afriani.

Pelayanan yang diberikan, berupa mengukur tinggi badan, timbang berat badan, mengukur tekanan darah, lingkar perut, cek gula darah, pemeriksaan skrining pendengaran dan penglihatan.

Baca juga: Bidang e-Gov Diskominfo Agam Kawal Pengisian Data Statis Website Puskesmas Biaro

Juga ada skrining kanker ke masyarakat, yaitu khususnya pada wanita kanker payudara & mulut rahim, dan juga pengambilan sampel sputum/ dahak untuk mengetahui penyakit TBC atau penemuan kasus TBC.

Halaman:

Penulis: Tusrisep
Editor: Tusrisep
Sumber:

Bagikan: