PEMKAB PESSEL Sosialisasikan Literasi Keamanan Digital ke OPD

Jumat, 28 Juni 2024, 23:17 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
PEMKAB PESSEL Sosialisasikan Literasi Keamanan Digital ke OPD
Diskominfo Pessel menyelenggarakan Sosialisasi Literasi Keamanan Informasi bagi perangkat daerah di daerahnya, Rabu (26/6/2024). FOTO: Dok Diskominfo Pessel

PESISIR SELATAN (28/6/2024) -Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat, menyelenggarakan Sosialisasi Literasi Keamanan Informasi bagi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di daerahnya, Rabu.

Gelaran tersebut, bertempat di salah satu hotel, dengan menghadirkan narasumber Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominfotik Sumbar,Eko Paizal.

Irwan Fahlifi, selaku pelaksana kegiatan menyebut, sosialisasi keamanan informasi digital ini, diberikan kepada pelaksana administrasi, pada perangkat daerah lingkup pemerintah daerah setempat.

"Dengan tujuan, untuk memberikan pemahaman tentang keamanan informasi dan kerahasiaan sistem layanan informasi yang digunakan," ucapnya,dalam relis Diskominfo Pessel, Jumat (28/6/2024).

Dasar pelaksanaan kegiatan ini, UU Nomor 95 Tahun 2018 tentang SPBE, sebagai upaya Pemerintah Indonesia untuk memodernisasi sektor pemerintahan, dengan memanfaatkan teknologi informasi. Dan, UU Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik.

Juga, untuk mewujudkan ketersedian data penduduk Indonesia, berdasarkan Perpres Nomor 39 Tahun 2019, tentang Satu Data Indonesia (SDI), ucap Irwan Fahlifi yang merupakan Kepala Bidang Statistik dan Persandian, Diskominfo Pessel.

Kegiatan secara resmi dibuka Sekretaris Daerah Pessel Mawardi Roska yang diwakili Kepala Diskominfo Pessel Wendi, sekaligus sebagai keynote speaker pada sosialisasi keamanan informasi tersebut.

"Keamanan informasi siber saat ini, menjadi isu penting dan aktual. Karena, aplikasi sistem atau platform digital di Indonesia," ucap Wendi.

Kepada peserta, diharap dapat menggali banyak informasi yang dibutuhkan dari sosialisasi ini.

"Kemudian dipraktekkan di instansi/organisasi masing - masing, dengan rasa tanggung jawab," ujarnya.

Sementara, Eko Paizal, Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominfotik Sumbar menerangkan, akan pentingnya mengelola Kata Sandi dari Kejahatan Siber.

Sebab, Keamanan informasi ini ada dua bagian, yakni: elektronik dan non elektronik, yang mempunyai karakteristik berbeda-beda.

Menurutnya, Password adalah karakter rahasia, untuk keamanan akun, yang memberikan akses ke suatu sistem.

Karena itu, diperlukan langkah melindungi akun, dari kebijakan keamanan akun penyedia.

"Adalah penting, mengelola sandi yang baik, demi untuk menjaga keamanan akun. Kalau tidak, sangat rentan serangan dan pencurian data," ujarnya.(*)


CALON DPD RI PSU SUMATERA BARAT

Penulis: Tusrisep
Editor: Tusrisep
Sumber:

Bagikan: