Tanggap Darurat Banjir Lahar Dingin Berakhir, Masa Pemulihan hingga 31 Desember 2024, Ini Targetnya

Minggu, 09 Juni 2024, 09:45 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Tanggap Darurat Banjir Lahar Dingin Berakhir, Masa Pemulihan hingga 31 Desember 2024, Ini...
Sekda Agam, Edi Busti bersama perwakilan BNPB, Polresta Bukittinggi, Dandim 0304 Agam dan pimpinan OPD, pada rapat evaluasi tanggap darurat banjir lahar dingin di Mess Pemda Agam, Sabtu. (humas)

AGAM (9/6/2024) - Sekretaris Daerah (Sekda) Agam, Edi Busti menetapkan, masa transisi dari darurat ke pemulihan akan berlangsung mulai 9 Juni hingga 31 Desember 2024.

"Masa transisi ini sangat krusial untuk memastikan bahwa segala aspek pemulihan berjalan dengan lancar dan efektif teruma Pembangunan infrastruktur," ujar Edi Busti.

Hal itu disampaikan Edi Busti saat memimpin rapat evaluasi tanggap darurat banjir lahar dingin di Mess Pemda Agam, Sabtu.

Kegiatan ini bertujuan untuk membahas langkah-langkah strategis dalam pemulihan pasca bencana yang melanda daerah tersebut.

Dalam rapat ini, beberapa topik penting dibahas, termasuk pemulihan sarana dan prasarana, relokasi dan normalisasi, pemenuhan kebutuhan kelompok rentan, serta transisi dari kondisi darurat ke pemulihan.

Dikesempatan itu, Edi Busti menyampaikan beberapa arahan strategis terkait masa transisi tersebut.

"Periode masa transisi ini akan digunakan untuk memperkuat infrastruktur dan mengembalikan kehidupan masyarakat ke kondisi normal," terangnya.

Salah satu fokus utama dalam masa transisi ini, terang ddia, kelanjutan dari kegiatan normalisasi sungai. Kegiatan ini sangat penting untuk mencegah terjadinya bencana serupa di masa depan dan memastikan aliran sungai kembali normal.

"Normalisasi sungai merupakan langkah preventif yang sangat diperlukan untuk menjaga keselamatan dan kesejahteraan masyarakat," tambahnya.

Edi Busti juga menyoroti pemasangan tiga sabo dam yang akan ditempatkan di daerah Batu Anguih, Batang Katiak, dan IV Koto.

Pemasangan sabo dam ini diharapkan nantinya dapat mengurangi risiko bencana banjir dan tanah longsor di masa mendatang.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: