Pasbar Gelar Intervensi Pencegahan Stunting di Posyandu Pelati Hati Rimbo Binuang, Ini Alasannya

Jumat, 07 Juni 2024, 11:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Pasbar Gelar Intervensi Pencegahan Stunting di Posyandu Pelati Hati Rimbo Binuang, Ini...
Wabup Pasbar, Risnawanto meninjau pelaksanaan intervensi serentak pencegahan stunting 2024 di Posyandu Pelita Hati Koto Tinggi, Jorong Rimbo Binuang, Kecamatan Pasaman, Kamis. (robbi irwan)

PASBAR (6/6/2024) - Pemkab Pasbar gelar intervensi serentak pencegahan stunting 2024 bersama Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) yang dipimpin Wakil Bupati, Risnawanto.

Kegiatan dipusatkan di Posyandu Pelita Hati Koto Tinggi, Jorong Rimbo Binuang, Kecamatan Pasaman, Kamis.

"Intervensi serentak ini dipusatkan di Rimbo Binuang karena anak stuntingnya mencapai 35 balita dari 112 sasaran," ungkap Risnawanto disela peninjauan dan monitoring.

Dalam kegiatan tersebut, Risnawanto didampingi Kabid Kesmas Dinas Kesehatan, Mitha Julia Fitrinasari, Kabid Pemerintah dan Pembangunan Manusia Bappelitbangda, Astra, Camat Pasaman, Andre Afandi, tenaga medis Puskemas dan lainnya.

Baca juga: Generasi Stunting akan Bebani Negara, Ini Langkah Antisipasi Pemkab Agam

Menurut laporan, dari 112 sasaran anak balita yang harus aktif memeriksakan perkembangan di Posyandu, hingga siang harinya hanya 67 anak yang hadir.

Sementara, dari 35 Balita stunting yang terdata, sebanyak 33 Balita telah hadir hingga pukul 11.00 WIB.

"Kegiatan intervensi ini merupakan tindak lanjut dari upaya penanganan stunting yang telah dipaparkan Pemkab Pasbar pada panelis. Bulan Juni ini, jadi jadwal untuk memaksimalkan sasaran tersebut," terangnya.

Risnawanto berharap, pemahaman pada masyarakat tentang menjaga tumbuh kembang balita, menjaga kesehatan diri dan anak sangat berperan mengatasi stunting.

Baca juga: Angka Stunting Pasbar Ditargetkan Turun 14 Persen di Tahun 2024

"Intervensi ini bukan hanya untuk anak yang mengalami stunting, tetapi juga untuk semua sasaran, seperti ibu hamil, balita dan calon ibu," terang dia.

Halaman:

Penulis: Robbi Irwan
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: