Upacara Hari Lahir Pancasila, Mahyeldi, Harneli dan Pimpinan OPD Pakai Busana Khas Minang

Minggu, 02 Juni 2024, 17:45 WIB | Gaya Hidup | Provinsi Sumatera Barat
Upacara Hari Lahir Pancasila, Mahyeldi, Harneli dan Pimpinan OPD Pakai Busana Khas Minang
Gubernur Sumbar, Mahyeldi dan Harneli (ketua TP-PKK) foto bersama dengan pimpinan Forkopimda usai pelaksanaan Peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila Tahun 2024 di Halaman Kantor Gubernur, Sabtu. (humas)

PADANG (1/6/2024) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi mengajak seluruh komponen bangsa bersama-sama merawat Pancasila sebagai Ideologi Bangsa.

"Tema Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024, Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045 mengandung maksud, Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa, demi menyongsong Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat," ungkap Mahyeldi.

Hal itu disampaikan Mahyeldi saat jadi inspektur upacara (Irup) pada Peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila Tahun 2024 di Halaman Kantor Gubernur, Sabtu.

Pada upacara ini, Mahyeldi bersama Harneli (ketua TP-PKK), Hansastri (Sekdaprov) pimpinan OPD dan usnur Forkopimda, mengenakan pakaian khas adat Minang.

Baca juga: Gubernur Sumbar Inginkan Rumah Siti Nurbaya di Studio Alam TVRI Direvitalisasi, Ini Alasannya

Pada upacara itu, Mahyeldi membacakan sambutan Kepala Badan Pembina Idiologi Pancasila (BIP). Melalui pidato Kepala BIP tersebut, dia juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar," ujarnya.

Adapun sebagai leitstar dinamis, sambung Mahyeldi, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi seperti saat ini.

"Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, dan dirasakan kehadiran serta manfaatnya," sambungnya dalam upacara yang juga diikuti oleh Forkopimda Sumbar, Pimpinan Intansi Vertikal, Pimpinan BUMN/BUMD, serta Kepala OPD se-Sumbar tersebut.

Baca juga: Musfi Yendra Terbitkan Buku Kelima, Nurani Filantropis, Akan Diluncurkan Gubernur Sumbar

Mengakhiri pidato, Mahyeldi mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni.

Halaman:
IKLAN COKLIT DPT PILKADA SERENTAK 2024 SUMATERA BARAT

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: