DPRD Sumbar Setujui Ranperda LKPj Kepala Daerah Tahun 2023, Irsyad: Sasaran 4 Progul belum Tercapai

Kamis, 23 Mei 2024, 15:15 WIB | Kabar Daerah | Provinsi Sumatera Barat
DPRD Sumbar Setujui Ranperda LKPj Kepala Daerah Tahun 2023, Irsyad: Sasaran 4 Progul...
Wakil Ketua DPRD Sumbar, Irsyad Safar menyerahkan hasil pembahasan LKPj Sumbar Tahun 2023 pada Wagub Audy Joinaldy usai rapat paripurna, Selasa. (humas)

Kondisi ini diperlukan perbaikan dari Pemerintah Daerah dan OPD terkait terhadap pelaksanaan program dan kegiatan serta menuntaskan pelaksanaan rekomendasi DPRD terhadap LKPj tahun-tahun sebelumnya.

Dengan persetujuan itu, ungkap Irsyad, Panitia Khusus (Pansus) LKPj 2023 DPRD Sumbar, dapat menyampaikan langsung rekomendasi DPRD pada Mendagri sesuai dengan amanat Permendagri No 18 Tahun 2020.

"Kita juga berharap, Pansus mengkonsultasikan langsung dengan Kemendagri, terkait efektifitas dan optimalisasi pelaksanaan rekomendasi DPRD oleh Pemerintah Daerah dalam upaya perbaikan penyelenggaraan pemerintahan daerah," terang Irsyad.

Baca juga: Supardi Beberkan Kinerja Bidang Legislasi, Anggaran dan Pengawasan pada Pelantikan DPRD Sumbar Periode 2024-2029

"Hal ini sangat diperlukan, agar peran dan fungsi rekomendasi DPRD dapat lebih optimal untuk mendukung perbaikan penyelenggaraan pemerintahan daerah," tambahnya.

Sementara, Wakil gubernur Sumbar, Audy Joinaldy menyampaikan, berbagai keberhasilan yang telah dicapai selama ini merupakan modal yang sangat berharga untuk pembangunan Sumatera Barat kedepannya, serta harus dijadikan motivasi bagi kita semua untuk terus melakukan percepatan pembangunan Sumatera Barat.

Disamping itu, terhadap berbagai program yang masih belum tercapai, tentunya memerlukan dukungan dari segenap pimpinan dan anggota DPRD Sumatera Barat agar dapat direalisasikan bersama.

"Rekomendasi DPRD Sumbar baik berupa saran, masukan maupun koreksi terhadap penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah," nilai Audy.

"Kritik ini merupakan suatu sumbang saran yang sangat berharga bagi Pemprov Sumbar sebagai titik tolak bagi kita bersama dalam membangun suatu kebijakan yang strategis untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat pada masa yang akan datang," tambah Audy.

Audy juga mengharapkan kerjasama yang lebih intensif lagi, dari seluruh jajaran pemerintah daerah dan DPRD, instansi vertikal, BUMN dan BUMD, akademisi, swasta serta seluruh lapisan masyarakat, untuk dapat secara bersama-sama bersatu menyelesaikan persoalan-persoalan tersebut. (*)

Halaman:
1 2

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: