Pesantren Ramadhan SMA Sederajat Diikuti 240.046 Siswa, Ini Kata Kadisdik Sumbar

Minggu, 31 Maret 2024, 17:45 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
Pesantren Ramadhan SMA Sederajat Diikuti 240.046 Siswa, Ini Kata Kadisdik Sumbar
Kadis Pendidikan Sumbar, Barlius menyerahkan secara simbolis bantuan hibah sebesar Rp50 juta pada pengurus Masjid Baiturrahim, Nagari Pasa Baru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sabtu (30/3/2024). (humas)

PESSEL (31/3/2024) - Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Barlius menekankan, pesantren Ramadhan adalah salah satu bentuk upaya Pemprov Sumbar untuk memperkuat karakter siswa.

"Seluruh SMA/SMK harus ikut kegiatan ini dalam rangka penguatan karakter generasi muda sebagai persiapan menghadapi bonus demografi Tahun 2045," ungkap Barlius.

Hal itu dikatakan Barlius, saat mewakili gubernur Sumbar melaksanakan Safari Ramadhan ke Masjid Baiturrahim, Nagari Pasa Baru, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sabtu (30/3/2024).

Barlius mengatakan, pada Tahun 2024 ini jumlah siswa SMA dan SMK yang mengikuti kegiatan pesantren ramadhan sebanyak 240.046 siswa. Lokasi pelaksanaan tersebar pada 5.000 masjid di seluruh Sumbar.

Baca juga: Kapolsek Nanggalo jadi Pemateri Pesantren Ramadhan di Mushalla Al Mujahidin, Ini yang Disampaikan

Mengingat besarnya jumlah peserta, tukas Barlius, agar pelaksanaan kegiatan berjalan sesuai harapan tentu pihaknya butuh dukungan dari seluruh pihak.

Jangan sampai, momentum itu hanya menjadi kegiatan seremonial yang tidak berdampak positif untuk penguatan karakter siswa.

"Efektivitas kegiatan itu, akan sangat bergantung kepada kepedulian kita semua. Karena tanggung jawab pembinaan itu tidak hanya ada pada Pemerintah tapi juga ada pada masyarakat dan keluarga," terang Barlius.

Terakhir, ia menyampaikan salam dan permohonan maaf dari gubernur yang tidak bisa hadir langsung dalam kegiatan ini karena sedang menjalankan ibadah umroh.

Baca juga: Bhabinkamtibmas Polsek Nanggalo Terangkan Bahaya Hoaks dan Bullying di Pesantren Ramadhan

Dikesempatan itu, Barlius juga menyerahkan bantuan untuk pembangunan Masjid Baiturrahim sebesar Rp50 juta, ditambah lagi bantuan dari Bank Nagari, Jamkrida, serta bantuan lainnya dari lingkup OPD Pemprov Sumbar.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: