Warga Gelar Goro Bersihkan Drainase Kampung Pondok

Minggu, 10 Januari 2016, 22:48 WIB | News | Kota Padang
Warga Gelar Goro Bersihkan Drainase Kampung Pondok
Wako Padang, Mahyeldi Dt Marajo memberikan arahan sebelum digelarnya goro di sejumlah drainase yang ada di Kampung Pondok, Padang Barat, Minggu (10/1/2016). (humas)
VISI MISI CALON GUBERNUR SUMBAR PILKADA SERENTAK 2024

VALORAnews -- Warga Kampung Pondok, Kecamatan Padang Barat, Minggu (10/1/2016), bergotong royong membersihkan saluran drainase yang ada di kawasan itu. Aksi bersih-bersih ini, tak lepas dari kerapnya banjir berkunjung jika hujan lebat turun.

"Kepedulian masyarakat, sangat kita harapkan dalam mewujudkan Kota Padang yang bersih. Seperti yang dilaksanakan warga Kampung Pondok dan sekitarnya, merupakan sesuatu yang patut dicontoh bagi warga lainnya," kata Walikota Padang, Mahyeldi Dt Marajo saat mengunjungi lokasi gotong-royong warga di kelurahan tersebut.

Diketahui, tak optimalnya fungsi drainase di sekitar Kampung Pondok, Kecamatan Padang Barat, membuat kawasan itu kerap terjadi banjir ketika hujan lebat turun. Tak berfungsi optimal itu disebabkan tersumbat oleh sampah serta pendangkalan oleh sedimen serta susahnya pengontrolan aliran air, karena terdapat bangunan yang berdiri di atas drainase.

Gotong royong warga Kampung Pondok dan kelurahan di sekitarnya ini, dimotori anggota DPRD Padang, Iswanto Kwara, Camat Padang Barat Arfian dan lurah serta didukung Dinas PU dan Dinas Kebersihan dan Pertanaman.

Baca juga: Ini Harapan Gubernur Sumbar pada Peringatan Harhubnas 2024

Selain mengharapkan kesadaran warga, Mahyeldi juga mewanti-wanti lurah dan camat, untuk terus mengawasi lingkungan terkait kebersihan. "Camat dan Lurah agar selalu memantau kebersihan lingkungannya. Jika terlihat perilaku yang tidak benar, membuang sampah sembarangan serta mendirikan bangunan di atas drainase, segera dicegah," tegasnya.

Sementar, Camat Padang Barat, Arfian mengatakan, banjir di kawasan Kampung Pondok akibat drainase tidak lancar sudah mulai diatasi. "Sebelumnya kawasan Purus dan Muaro Lasak sudah berhasil dilakukan normalisasi drainase. Sehingga masayarakat sudah tidak cemas lagi bila hujan," kata Arfian.

Sesuai program Pemko Padang terkait kebersihan dan pembenahan dranase, tambahnya, sangat didukung warga Padang Barat. "Dalam realisasi program tersebut, kita bersama warga dan didukung anggota DPRD, melakukan goro dan terus memotivasi warga untuk lebih berpartisipasi untuk peduli lingkungan," ujar Arfian. (vri)

TANGGAPAN MASYARAKAT TENTANG CALON GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR PILKADA SERENTAK 2024

Penulis:
Editor:
Sumber:

Bagikan: