Indonesia Darurat Pangan, Direktur Buflo Kementan Apresiasi Pola Tanam Padi Gogo di Pasbar

Sabtu, 16 Maret 2024, 17:45 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pasaman Barat
Indonesia Darurat Pangan, Direktur Buflo Kementan Apresiasi Pola Tanam Padi Gogo di Pasbar
Direktur Buflo Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI, Liferdi Lukman bersama Risnawanto (Wabup Pasbar) dan jajaran, melakukan panen Padi Gogo yang diupayakan Keltan Sumber Rezki di Nagari Situak Ujung Gading, Pasbar. (robbi irwan)

PASBAR (15/3/2024) - Direktur Buah dan Florikultura (Buflo) Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI, Liferdi Lukman menyampaikan, Indonesia saat ini mengalami darurat pangan.

Karena, ketersediaan beras dari tahun ke tahun berkurang walaupun sudah diimpor dari negara lain.

"Darurat Pangan yang terjadi di Indonesia saat ini jadi perhatian dari pemerintah pusat hingga daerah. Negara lain juga berkurang karena fenomena El Nino. Negara yang biasanya mengekspor beras, sekarang tidak lagi, karena mengamankan pangan mereka juga," ungkap Liferdi di Pasaman Barat.

Hal itu disampaikan Liferdi Lukman saat melakukan kunjungan ke Kelompok Tani Sumber Rezki di Jorong Situak Barat, Nagari Situak Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang, Jumat.

Baca juga: Angka Stunting Pasbar Ditargetkan Turun 14 Persen di Tahun 2024

Petani di daerah ini, sudah terbiasa menanam komoditi Padi Gogo (Padi Ladang)

Pada kunjungan ini, Liferdi didampingi Wakil Bupati Pasaman Barat, Risnawanto bersama Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Pasaman Barat, Doddy San Ismail, Kepala Bidang Perkebunan DPTPH Sumbar dan stakeholder terkait lainnya.

Menurut Liferdi, dari segi kemampuan, Provinsi Sumatera Barat tidak kekurangan atau cukup untuk kebutuhan pangannya.

"Namun, secara nasional sudah Darurat Pangan. Untuk itu, di Kabupaten Pasaman Barat ini banyak peremajaan sawit dan bisa dilakukan tumpang sari dengan tanaman lainnya," ungkap dia.

Baca juga: Wabup Pasbar Hadiri Wisuda Hafiz Quran Siswa MTs Bait Al Hikmah

"Di wilayah Kecamatan Lembah Melintang ini bisa dilakukan tumpang sari dengan Pagi Gogo dan itu kita lihat tadi sudah dilakukan di sini," jelasnya.

Halaman:

Penulis: Robbi Irwan
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: