Atasi Persoalan TPA Regional Sampah, Bupati Agam Siap Mendukung

Rabu, 13 Maret 2024, 09:15 WIB | Kabar Daerah | Kab. Agam
Atasi Persoalan TPA Regional Sampah, Bupati Agam Siap Mendukung
Bupati Agam, Andri Warman mengikuti rapat penanganan sampah di TPA Regional Sumbar di Payakumbuh, Selasa. Rapat dipimpin Sekdaprov, Hansastri. (humas)

PADANG (12/3/2024) - Bupati Agam, Andri Warman berharap, kerjasama yang dijalin Pemprov Sumbar dengan Pemkab Agam, Kota Bukittinggi, Payakumbuh dan Limapuluh Kota dalam menangani persoalan sampah, bisa segera terwujud.

"Atas nama Pemkab Agam, kami mendukung penuh atas upaya dan kebijakan yang diambil oleh Pemprov Sumbar dalam menyelesaikan persoalan sampah ini," ungkap Andri Warman.

Hal itu dikatakan Andri Warman usai menghadiri rapat penanganan sampah pasca longsornya TPA Regional Payakumbuh yang digelar Pemprov Sumbar, di aula istana gubernuran Sumbar, Selasa.

Rapat tersebut dipimpin Sekda Provinsi Sumbar, Hansastri. Rapat dihadiri 4 kepala daerah dimana pemerintah daerahnya berperan dan ikut serta dalam membuang sampah ke TPA Regional Payakumbuh, yakni Kabupaten Agam, Kota Bukittinggi, Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota.

Baca juga: Gubernur Sumbar Fasilitasi Perjanjian Kerjasama Pengelolaan Sampah TPA Regional dengan 4 Daerah

Hansastri mengatakan, ada sebanyak 4 pemerintah kabupaten/kota yang berpotensi darurat sampah di daerahnya akibat terjadinya longsornya di TPA Regional Payakumbuh.

"Oleh sebab itu, untuk mengatasi darurat sampah ini, kami menggelar rapat dengan Pemkab Agam, Pemko Bukittinggi, Pemkab Lima Puluh Kota, dan Pemko Payakumbuh," ujarnya.

Dikatakan, berdasarkan diskusi dan hasil rapat tersebut adalah, akan dibukanya kembali TPA Regional untuk sementara selama dua bulan.

"Kepada masing-masing pemerintah daerah, diharapkan untuk dapat mencari alternatif lain yang bersifat jangka panjang, agar persoalan sampah ini bisa teratasi," ujarnya.

Baca juga: Pengendalian Sampah Selama Libur Lebaran, Ini Permintaan Gubernur ke Bupati dan Wali Kota

Untuk pembukaan TPA Regional Payakumbuh ini, jelasnya, masing-masing daerah harus membuat kesepakatan bersama.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: