Wirid Korpri Tandai Peresmian Masjid Sirah, Jadi Ikon Wisata Religi di Tiku

Minggu, 10 Maret 2024, 15:45 WIB | Wisata | Kab. Agam
Wirid Korpri Tandai Peresmian Masjid Sirah, Jadi Ikon Wisata Religi di Tiku
Bupati Agam, Andri Warman menandatangani prasasti peresmian Masjid Istiqomah yang dibranding dengan nama Masjid Sirah di Tiku, Jumat (8/3/2024). (humas)

Kemudian, lanjutnya, proses perencanaan dilanjutkan dengan penyusunan master plan kawasan Pantai Tiku hingga proses penganggaran di Dinas PUTR Kabupaten Agam.

Tahun 2023 lanjut, proses memasuki tahapan pelaksanaan. Pembangunan masjid ikonik ini menelan dana hingga Rp10,5 miliar.

Proses pembangunan masjid berlangsung selama 210 hari, selesai pada 25 Desember 2023.

Baca juga: Peringatan Perang Manggopoh ke-116; Menguatkan Persatuan untuk Membangun Agam

"Tahun 2024 ini, sesuai arahan bupati tetap dilakukan penyempuranaan, seperti pengerjaan landscape masjid, jalan dan jembatan untuk akses menuju masjid," ungkapnya.

Ditambahkan, dengan selesainya pembangunan Masjid Sirah secara fisik, maka pemakaian masjid sudah bisa diresmikan.

Pihaknya berharap, masyarakat setempat dan wisatawan dapat menjaga masjid yang telah dibangun.

"Ini adalah ikon baru buat masyarakat, sehingga mari kita secara bersama-sama menjaga dan memilihara masjid kebanggaan ini," tuturnya.

Jadi Ikon Agam

Andri Warman saat peresmian masjid mengatakan, masjid ini digadang-gadang akan mampu menjadi daya tarik dalam pengembangan objek wisata Pasia Tiku. Dia meyakini, Masjid Sirah tak kalah dengan masjid ikonik dari daerah lain.

"Saya terinspirasi dari masjid di Pasir Pengaraian. Padang ada Masjid Alhakim, Pesisir Selatan ada masjid terapung. Maka di Agam ada Masjid Istiqomah atau yang kita branding sebagai Masjid Sirah," kata dia.

Halaman:
IKLAN PANTARLIH

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: