Wirid Korpri Tandai Peresmian Masjid Sirah, Jadi Ikon Wisata Religi di Tiku

Minggu, 10 Maret 2024, 15:45 WIB | Wisata | Kab. Agam
Wirid Korpri Tandai Peresmian Masjid Sirah, Jadi Ikon Wisata Religi di Tiku
Bupati Agam, Andri Warman menandatangani prasasti peresmian Masjid Istiqomah yang dibranding dengan nama Masjid Sirah di Tiku, Jumat (8/3/2024). (humas)

AGAM (10/3/2024) -- Masjid Sirah akan jadi ikon wisata baru Kabupaten Agam, khususnya di kawasan objek wisata Pantai Tiku, Kecamatan Tanjung Mutiara.

Tempat ibadah yang dinamakan Masjid Istiqomah itu, secara resmi sudah bisa dimanfaatkan masyarakat sejak pembangunannya selesai beberapa waktu lalu.

Namun, peresmian pemakaian Masjid Sirah ini ditandai dengan pemotongan pita yang dilakukan Bupati Agam, Andri Warman, Jumat (8/3/2024).

Sebelum pemotongan pita, di masjid yang menjadi kebanggaan Rang Agam ini terlebih dulu dilangsungkan wirid minggu pengajian Korpri Kabupaten Agam.

Baca juga: Presiden Jokowi Kunjungi Korban Banjir Lahar Dingin di Batu Taba Agam, Siangnya Langsung Balik

Asisten Bidang Pembangunan yang juga Panitia Pembangunan Masjid Sirah, Jetson menyampaikan, pembangunan masjid ini merupakan amanah yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026.

Dikatakan, pendirian masjid yang diperuntukkan sebagai ikon wisata religi ini menjadi salah satu prioritas pembangunan pemerintah daerah.

Diungkapkan, proses pembangunan Masjid Sirah telah berlangsung sejak 2022 yang dimulai dengan perencanaan.

Pada proses perencanaan, disepakati lokasi pembangunan masjid berada di kawasan wisata Pantai Tiku, persisnya di Muaro Mati, Nagari Tiku Selatan.

Baca juga: Di Atas Sajadah, Nenek Dua Cucu Rasakan Dinding Rumah Bergetar Hebat Dihantam Galodo Galuang

"Dalam prosesnya kami melibatkan ninik mamak, seperti proses penyerahan tanah. Ninik mamak di Nagari Tiku Selatan dan sekitarnya sepakat untuk menjadikan kawasan ini sebagai kawasan pembangunan kepariwisataan, khususnya wisata religi," ujarnya.

Halaman:

Penulis: Al Imran
Editor: Mangindo Kayo
Sumber:

Bagikan: