Mendongeng bersama Awam Prakoso, Alwis: Menularkan Kebiasaan Baik ke Anak-anak

Sabtu, 09 Januari 2016, 18:13 WIB | Kabar Daerah | Kab. Pesisir Selatan
Mendongeng bersama Awam Prakoso, Alwis: Menularkan Kebiasaan Baik ke Anak-anak
Pj Bupati Pessel, Alwis foto bersama dengan pendongeng, Awam Prakoso dan anaknya, Mitdad Prakoso, dalam acara mendongeng yang digelar di Pantai Carocok, Painan, SAbtu (9/1/2016) pagi. (humas)

VALORAnews - Ratusan anak panti asuhan serta murid PAUD, TK dan SD se-Pesisir Selatan, antusias mendengarkan dongeng Awam Prakoso di Pantai Carocok Painan, Sabtu pagi (9/1/2016). Acara Mendongeng bersama Kak Awam Prakoso ini, digagas Pj Bupati Pessel, Alwis.

"Perkembangan dunia pariwisata Pessel, telah jadi pilihan ramai wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Dalam mendukung dan memaknai keberadaan kemajuan pariwisata saat ini, pemerintah daerah terus memberikan perhatian dari berbagai sektor pembangunan, termasuk dalam dunia pendidikan anak dan perpustakaan bagi masyarakat," ungkap Alwis, dikutip dari siaran pers Pemprov Sumbar.

Hadir juga dalam kegiatan ini Danrem Painan, beberapa tokoh Pustakawan Sumatera Barat dan beberapa kepala SKPD, guru-guru anak PAUD dan SD di Pesisir Selatan.

Dikatakan Alwis, membaca, menulis dan mau mendengarkan cerita, merupakan sesuatu kebutuhan dalam perkembangan kecerdasan, kemajuan dan kepribadian karakter manusia itu sendiri. Makin sering seseorang membaca, menulis dan mendengarkan hal-hal yang baik, tentunya juga akan memberikan pengetahuan dan kecerdasan mereka, terhadap sesuatu dalam kebaikan hidupnya baik untuk diri sendiri maupun untuk lingkungannya.

Baca juga: KSOP TELUK BAYUR Bagikan 100 Jaket Pelampung di Pantai Carocok

Dalam pembukaan UUD 1945, dari empat tujuan pembentukan Negera Republik Indonesia, ada dua tujuan yang jadi tanggung jawab dan peran Badan Perpustakaan dan Arsip yakni, memajukan kesejahteraan masyarakat, mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Jika selama ini orang kurang memaknai peran Perpustakaan dan Arsip secara baik dan benar, tentunya kedepan perlu menjadi perhatian besar di setiap kepala daerah dalam menyejahterakan kehidupan masyarakatnya," ungkap Alwis yang juga Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Sumbar itu.

Alwis juga menambahkan, acara Mendongeng bersama Kak Awam Prakoso yang digelar di Pantai Carocok Painan ini, selain mengajak anak-anak dan masyarakat menikmati keindahan pantai juga mengisyaratkan Acara Mendongeng sebagai upaya mencerdaskan anak-anak di Pesisir Selatan ini.

"Jika ini dikelola secara baik, sebagai agenda tetap di setiap lokasi wisata Pessel, negeri sejuta pesona ini tentunya akan mampu meningkatkan kunjungan wisata keluarga yang hebat," terangnya. (Baca: Tips Mendongeng, Awam Prakoso: Pendongeng Terbaik itu Orang Tua Sendiri)

Baca juga: BURUAN DAFTAR !!! Ada Lomba Senam Kreasi di Carocok Painan, Hadiah Puluhan Juta, dan Gratis

Acara mendongeng selama ini dikenal pertama, sebagai cerita pengantar tidur anak, kedua memberikan pesan pendidikan karakter kepada anak, ketiga memberikan ruang pemikiran anak dalam menginspirasi keinginan dirinya nanti, keempat cerita mendongeng juga dapat sebagai nasehat yang bijak kepada anak, kelima kesempatan anak-anak berkumpul mendapatkan sesuatu cerita membuat mereka lebih terbuka dan mau bekerjasama.

Halaman:

Penulis:
Editor: Devan Alvaro
Sumber:

Bagikan: