Selisih Suara 4 di Dapil Sumbar IV, PDI Perjuangan dan PKB Saling Keberatan di Pleno KPU Sumbar

Jumat, 08 Maret 2024, 20:24 WIB | News | Provinsi Sumatera Barat
Selisih Suara 4 di Dapil Sumbar IV, PDI Perjuangan dan PKB Saling Keberatan di Pleno KPU...
Tangkapan layar proses pencocokan ulang perolehan hasil Pemilu 2024 tingkat provinsi di Pasbar, pada rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara, Jumat malam.

PADANG (8/3/2024) - Rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 di Pasaman Barat untuk tingkat provinsi, berjalan alot.

Pemicunya, keberatan yang dilayangkan saksi PDI Perjuangan terkait perolehan suara partai dan Calegnya di sejumlah TPS di Kabupaten Pasaman Barat.

Keberatan serupa juga dilayangkan saksi PKB dalam rapat pleno terbuka yang sudah memasuki hari keenam di KPU Sumbar itu.

Ketua KPU Sumbar, Surya Efitrimen (kiri) bersama Ory Sativa Syakban dan Jons Manedi memeriksa dokumen hasil rekapitulasi yang jadi keberatan saksi PDI Perjuangan dan PKB di Dapil Sumbar 4, pada rapat pleno terbuka, Jumat malam.
Ketua KPU Sumbar, Surya Efitrimen (kiri) bersama Ory Sativa Syakban dan Jons Manedi memeriksa dokumen hasil rekapitulasi yang jadi keberatan saksi PDI Perjuangan dan PKB di Dapil Sumbar 4, pada rapat pleno terbuka, Jumat malam.

"Kami bertahan dengan keberatan yang sudah disampaikan di tingkat kabupaten. Kita minta adu data saja," ungkap Saksi PDI Perjuangan Sumbar, Yenni S Tanjung dalam rapat pleno, Jumat sore.

Baca juga: Mustika Yana Lirik PKB untuk Pilkada 2024, Sebelumnya Sudah Daftar ke 4 Parpol

Alotnya rekapitulasi penghitungan perolehan suara ini, tak lepas dari tipisnya selisih suara di antara kedua partai ini.

Merujuk dokumen D Hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat provinsi yang telah ditetapkan KPU Pasaman Barat dan Pasaman, selisih suara PDI Perjuangan dan PKB hanya 4.

Dari dokumen itu diketahui, PKB di Dapil yang meliputi Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat itu mengumpulkan 27.323 suara. Rinciannya, 16.021 suara (Pasaman) dan 11.302 suara (Pasbar).

Sedangkan PDI Perjuangan, mengoleksi 27.319 suara pemilih. Rinciannya, 4.926 suara (Pasaman) dan 22.393 suara (Pasbar).

Baca juga: PILKADA 2024: PKB Pessel Digoda Empat Petinggi Parpol

Selisih 4 suara dengan PKB ini, membuat PDI Perjuangan menempati urutan ke-10 dalam peringkat perolehan suara di Dapil Sumbar 4.

Halaman: